ARTICLE

Sat - Jun 15, 2024 / 92 / Daily Devotional

Hidup Jujur Banyak Manfaatnya, Lho!

Shalom SuperParents!

Sebagai orang tua, kita tentu ingin anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang baik dan penuh integritas. Salah satu nilai penting yang perlu kita tanamkan sejak dini adalah kejujuran. Hidup jujur tidak hanya membawa manfaat bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang-orang di sekitar kita. Yuk, kita renungkan bersama manfaat dari hidup jujur dan bagaimana kita bisa menanamkan nilai ini kepada anak-anak. Sebelumnya baca Super Ayat kita dulu di Amsal 12:22 ini ya:

'Bibir dusta adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang berlaku setia dikenan-Nya.'

Ayat ini mengajarkan kita bahwa sebagai pengikut Tuhan, kita harus menghindari kebohongan dan selalu berusaha untuk jujur dalam segala hal. Dengan berlaku jujur, kita tidak hanya hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dan dipercaya dengan orang lain. Kejujuran membawa kita lebih dekat kepada Tuhan dan mendatangkan berkat dalam kehidupan kita.

BACA JUGAKejujuran dalam Menghadapi Godaan

Berikut ini Manfaat Hidup Jujur

1. Kepercayaan yang Kuat

Hidup jujur membangun kepercayaan yang kuat. Ketika kita belajar untuk selalu berkata jujur, kita akan dihargai dan dipercaya oleh orang lain. Kepercayaan ini penting dalam membangun hubungan yang sehat dan harmonis.

2. Hati yang Tenang

Kejujuran membawa ketenangan dalam hati. Ketika kita jujur, kita tidak perlu merasa cemas atau khawatir karena harus menyembunyikan sesuatu. Kita bisa tidur nyenyak tanpa merasa terbebani oleh kebohongan. Ini juga membantu kita belajar menghadapi konsekuensi dari tindakan kita dengan bijak.

3. Menjadi Teladan yang Baik

Dengan hidup jujur, kita bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anak dan bagi orang lain. Kita akan dikenal sebagai seseorang yang bisa diandalkan dan dihormati. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menginspirasi orang lain untuk hidup jujur.

4. Keputusan yang Bijak

Seseorang yang terbiasa hidup jujur cenderung membuat keputusan yang lebih bijak. Mereka akan mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan mereka dan memilih jalan yang benar. Ini membantu kita menjadi pribadi yang matang dan bertanggung jawab.

5. Kebahagiaan Sejati

Hidup jujur membawa kebahagiaan sejati. Ketika kita jujur, kita bisa merasakan kebahagiaan dari dalam hati yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Kita akan belajar bahwa kebahagiaan sejati datang dari hati yang tulus dan bersih.

BACA JUGAPentingnya Tanamkan Kejujuran Pada Anak

Bagaimana Menanamkan Kejujuran pada Anak-anak?

Sebagai SuperParents, kita bisa mulai dengan menjadi contoh yang baik. Anak-anak belajar banyak dari apa yang mereka lihat. Selalu tunjukkan kejujuran dalam setiap tindakan dan perkataan kita. Ajak mereka berdiskusi tentang pentingnya kejujuran dan bagaimana itu mempengaruhi kehidupan mereka.

Gunakan cerita dari Alkitab, seperti kisah Daniel, untuk mengajarkan nilai-nilai kejujuran. Ceritakan bagaimana Daniel tetap jujur meski dalam situasi yang sulit, dan bagaimana Tuhan memberkatinya karena kejujurannya.

SuperParents, mari kita renungkan bersama pentingnya hidup jujur dan bagaimana kita bisa menanamkan nilai ini dalam kehidupan anak-anak kita. Dengan begitu, kita membantu mereka menjadi pribadi yang kuat, bijak, dan penuh integritas.

Apakah saat ini SuperParents atau SuperTeachers sedang menghadapi kesulitan dalam membimbing anak-anak atau mungkin ada masalah lainnya dan membutuhkan saran, dukungan maupun doa? SuperParents dan SuperTeachers bisa menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN lho, karena tim Konseling CBN selalu siap mendengarkan dan mendukung SuperParents dan SuperTeachers. Jangan ragu untuk menghubungi ya!

HUBUNGI SEKARANG

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK