ARTICLE

Fri - Jun 14, 2024 / 81 / Daily Devotional

Pentingnya Tanamkan Kejujuran Pada Anak

Mengajarkan kejujuran pada anak merupakan tanggung jawab penting bagi setiap orang tua. Kejujuran adalah nilai dasar yang harus ditanamkan sejak dini agar anak dapat tumbuh menjadi individu yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab. Salah satu cara efektif untuk menanamkan nilai ini adalah melalui doa.

Anak-anak yang diajarkan untuk jujur sejak dini akan lebih mudah membangun hubungan yang sehat dan dipercaya oleh orang lain. Ini juga membentuk karakter yang kuat dan membantu mereka dalam membuat keputusan yang baik.

Super Ayat

Amsal 12:22 'Bibir dusta adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang berlaku setia dikenan-Nya.'

Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa kejujuran adalah sikap yang dihargai oleh Tuhan. Ini menunjukkan bahwa dalam setiap ucapan dan tindakan kita, kejujuran harus menjadi dasar. Mengajarkan anak untuk memahami bahwa jujur adalah perbuatan yang menyenangkan hati Tuhan dapat memotivasi mereka untuk selalu berkata dan bertindak jujur.

BACA JUGAKejujuran dalam Menghadapi Godaan

Mari kita renungkan sebuah contoh kasus sederhana yang mungkin dihadapi oleh anak di lingkungan sekolah. Misal anak kita menemukan uang di halaman sekolah. Mereka tahu bahwa uang tersebut bukan miliknya, tetapi mereka tergoda untuk mengambilnya. Dalam situasi ini, apa yang seharusnya dilakukan?

Dalam situasi ini, penting bagi anak untuk memahami bahwa mengambil sesuatu yang bukan miliknya adalah tidak jujur. SuperParents dapat membantu anak dengan mengajarkan doa sederhana seperti: 'Tuhan, berikan aku kekuatan untuk selalu berkata dan bertindak jujur. Bantu aku untuk selalu melakukan yang benar meskipun itu sulit. Amin.' Dengan berdoa, anak dapat memohon bantuan Tuhan untuk memiliki kekuatan dalam menghadapi godaan dan memilih untuk mengembalikan uang tersebut kepada guru atau pihak sekolah.

Mengajarkan kejujuran pada anak adalah proses yang memerlukan konsistensi dan kesabaran. Dengan memanfaatkan doa sebagai alat bantu, SuperParents dapat menanamkan nilai kejujuran yang kuat pada anak-anak. Kejujuran yang ditanamkan sejak dini akan menjadi fondasi karakter yang kuat dan akan membantu anak dalam menjalani kehidupan dengan integritas.

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK