ARTICLE

Wed - Mar 28, 2018 / 2268 /

Hadapi Anak yang Menyebalkan dengan 5 Cara Ini

Ada saja tingkah anak yang membuat kita kesal bahkan stres. Apalagi ketika anak sedang bersekolah minggu. Sudah dinasehati berkali-kali oleh guru sekolah minggu dan orang tetap saja tidak mempan. Bisa dibayangkan mereka mengganggu anak lain dan jalannya sekolah minggu.

Kalau di sekolah minggu saja sudah menyebalkan, bagaimana dirumah ya? Orang tua tiap hari akhirnya terus menerus berteriak, marah, geram, dan stres karena kelakuan mereka. Sebaiknya sebelum semakin menyebalkan SuperParents bisa menyimak 5 cara untuk menghadapi anak yang menyebalkan:

 

1. Cobalah untuk bernapas sejenak sebelum menghadapinya.

Sumber: mom.me

Tenangkan pikiranmu untuk menghindari bom api yang bisa meledak sewaktu-waktu.

 

2. Berdoalah sebelum menghadapi anak.

Sumber: Shutterstock

Hal ini penting supaya hal yang tak diinginkan tidak terjadi. Minta kekuatan sama Tuhan untuk bisa menyikapi karakter anak yang keras, kasar atau tidak patuh.

 

3. Bicarakan dengan pasanganmu atau orang terdekat.

SUmber: huffingtonpost.com

Kalau memang orangtua sudah menyerah menghadapi sikap anak, akan lebih baik untuk membagikannya dengan pasanganmu atau orang terdekat.

 

4. Ambil waktu untuk istirahat sejenak dari persoalan anak yang bikin otak pusing.

Sumber: gomommy.in

Meluangkan waktu untuk beristirahat dan merefleksi. Dengan cara ini, orangtua bisa lebih bijak mengambil sikap dan menghadapi tingkah anak.

 

5. Serahkan anak kepada Tuhan sepenuhnya.

Sumber: theprayingwoman.com

Kita tahu bahwa anak adalah titipan dari Tuhan. Nah, saat kita sudah melakukan bagian sebagai orangtua dan merasa sedang menghadapi jalan buntu, waktunya untuk menyerahkan sepenuhnya masalahmu kepada Tuhan.

Ingatlah kembali bahwa banyak firman Tuhan berbicara soal hubungan orangtua dan anak. Renungkanlah firman itu ambil komitmen untuk melibatkan Tuhan dalam segala hal.

Tanggung jawab orangtua memang sangat besar. Bukan hanya membesarkan anak, tapi mereka juga harus memastikan bahwa anak tumbuh di jalan yang benar. Orangtua juga harus mempersiapkan masa depan anak yang jauh lebih baik dari yang mereka capai. Tapi untuk membentuk anak menjadi apa yang Tuhan kehendaki, orangtua tetap tak bisa memaksakannya.

Karena itu, libatkanlah Tuhan dalam segala sesuatunya, sebelum terlambat jadilah orangtua yang menjadi teladan bagi anak. Saat orangtuanya bersikap dan berperilaku sesuai dengan firman Tuhan, anak akan secara otomatis meneladaninya. Jadi, orangtua tak perlu memaksakan atau membentuk anak sesuai dengan kehendak sendiri. Anak lebih senang diarahkan daripada harus dipaksa atau dinasihati. 

Sumber: jawaban.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK