ARTICLE

Thu - Jun 23, 2022 / 967 / Parenting

Film The Bad Guys Bisa Jadi Sarana Anak Belajar tentang Gambar Diri

Sudah nonton film animasi The Bad Guys belum? DreamWorks Animation menyajikan film kocak dengan tokoh-tokoh para hewan kriminal antropomorfik ini disutradari oleh Pierre Perifel dan penulis Etan Cohen. Para hewan ini adalah sekelompok kriminal yang suka mencuri barang-barang berharga. Tapi suatu hari mereka mulai mereformasi diri mereka sebagai warga teladan.

Awal mulanya para hewan ini banyak melakukan kejahatan, yaitu mencuri benda berharga. Tetapi seiring perjalanan kehidupan, mereka malah menemukan jati diri mereka yang sesungguhnya. Mereka sadar kalau dirinya dapat berubah jadi masyarakat yang baik dan itu lebih berharga dibanding melakukan kejahatan.

Film ini mengajarkan anak- anak untuk tidak perlu berbuat kejahatan supaya bisa dianggap“ keren” ataupun sukses. Terlebih dalam film ini, hewan yang digambarkan memang biasa di labeling oleh masyarakat sebagai hewan yang licik, jahat, ataupun bandel. Malah disinilah poin yang dapat anak pelajari.

 Baca juga : BANGUN KEBIASAAN SPIRITUAL ANAK DI MASA LIBURAN DENGAN CARA ASIK INI!

Gambar Diri

Kadangkala selaku manusia kita dengan mudahnya me-‘ labeli’ orang lain sesuai penampilan ataupun pembawaannya. Padahal belum pasti orangnya semacam itu. Melalui film ini, anak dapat belajar tentang gambar diri mereka sendiri, atau tujuan Tuhan yang sesungguhnya menciptakan mereka.

Tanpa sadar, manusia memang dengan mudahnya mengukur diri sendiri ataupun orang lain( 1 Korintus 4: 3- 4). Semua orang dan makhluk diciptakan Allah itu baik. Terlebih manusia, sangat berharga di mata- Nya karena serupa dengan gambaran- Nya (Kejadian 1: 26- 27). Semua orang dikasihi oleh Allah (Roma 5: 8).

Kita semua merupakan orang yang berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Sama seperti cerminan dari hewan- hewan di film itu. Karena dosa kitalah, kita memerlukan Juruselamat untuk mengampuni dosa kita. Oleh karenanya, Dia mengirimkan Putra Tunggal- Nya supaya siapa saja yang percaya padanya akan beroleh hidup yang kekal. Jadi keselamatan kita bukanlah hasil dari usaha ataupun kerja keras kita, tetapi anugerah Tuhan.

 Baca juga : 9 AYAT ALKITAB YANG BERBICARA TENTANG TANGGUNG JAWAB ORANG TUA (PART 1)

Menjelaskan kepada anak tentang ‘Gambar Diri’

Gambar diri kita tidak boleh disombongkan oleh manusia (Filipi 2: 3–4). Sama seperti pada tokoh hewan di film tersebut. Mereka begitu sombong karena selalu berhasil dalam melakukan pencurian. Mereka awal mulanya menikmati hidup dalam dosa. Hingga pada akhirnya disadarkan kalau mereka sesungguhnya mempunyai sisi baik juga.

Gambar diri yang benar adalah memahami kebutuhan kita yang besar pada kuasa Tuhan serta kasih- Nya. Kita wajib bersyukur bahwa Allah sudah menanamkan identitas kita di dalam Yesus Kristus. Oleh sebab itu, marilah kita ajak anak bersama- sama untuk mensyukuri bahwa dirinya diciptakan sempurna sesuai dengan gambaran- Nya dan mereka begitu berharga di mata- Nya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK