ARTICLE

Wed - Jun 22, 2022 / 813 / Parenting

Bangun Kebiasaan Spiritual Anak di Masa Liburan dengan Cara Asik Ini!

Yeay libur sekolah telah datang. Waktunya anak-anak beristirahat dari rutinitas belajarnya dan memiliki waktu luang bersama keluarganya. Mungkin sebagian dari Parents sudah ingin nih mengajak anak beraktivitas ke luar kota, bermain di taman atau rumah, dan lainnya.

Nah liburan juga bisa jadi waktu untuk Parents, mengajarkan anak kebiasaan positif yang baru lho. Salah satunya adalah mendidik anak untuk menyadari keberadaan dan penyertaan Tuhan dalam keluarga. Tidak perlu muluk-muluk yang sulit lho. Bisa dimulai dari hal yang sederhana.

1. Games berburu

Seperti berburu, anak bisa mencari hal kecil dalam hidupnya saat itu untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan padanya, keluarga, atau orang terdekatnya. Selama games ini, anak bisa bergiliran bersama Anda, mencari hal kecil yang berdampak dalam hidupnya. Misalnya bisa bangun pagi dengan sehat, Tuhan menyediakan makanan kesukaannya lewat mama, dan lainnya.

Baca juga : 9 AYAT ALKITAB YANG BERBICARA TENTANG TANGGUNG JAWAB ORANG TUA (PART 1)

2. Berjalan-jalan sambil bersyukur

 

Saya pernah mendapati beberapa orang yang tergerak hatinya untuk mendoakan kota tempatnya tinggal. Selama seharian, ia berkeliling sambil mendoakan apa yang ia lihat di kota itu dan apa yang Tuhan tanamkan dalam hatinya. Nah sama seperti ini, Anda bisa mengajak anak untuk berjalan-jalan sambil melihat sekitar mereka. Bisa dengan berjalan kaki, bersepeda, berlari, dan lainnya. Caranya mudah, Anda bisa memberikan contoh saat berjalan dan melihat pasar yang begitu ramai. Anda bisa mengajak anak untuk bersyukur bahwa perekonomian di daerahnya berjalan lancar. Atau yang lebih mudah lagi, anak bersyukur karena bisa membeli bahan makanan kesukaannya di tempat itu.

Baca juga : TERNYATA INILAH MAKSUD TUHAN PADA CERITA YUSUF YANG DIJUAL OLEH SAUDARA-SAUDARANYA!

3. Membuat jurnal atau gambar doa

Ini adalah praktik yang cocok untuk dilakukan oleh anak yang lebih besar. Cukup 10 menit saja setiap harinya. Parents bisa mulai dengan memutar lagu penyembahan sambil mengajak anak untuk menulis atau menggambar apapun yang Tuhan tanamkan dalam pikiran dan hati mereka. Cara ini bisa melatih anak untuk mendengar suara Tuhan dan mengerti kehendak-Nya. Di akhir kegiatan, undang seluruh anggota keluarga dan ajak anak utuk menceritakan tentang tulisan atau gambar yang ia buat, tapi ini tidak wajib ya.

Nah jika anak sudah terbiasa melakukan kegiatan ini saat liburan, maka kehidupan spiritual mereka makin terasah dan semakin mengenal Tuhan lebih baik. Yuk ajak anak untuk melakukan hal yang berdampak bagi hidupnya dan sekitarnya! Tuhan Yesus memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK