ARTICLE

Thu - Jul 30, 2020 / 311 / Inspirational

Diet Alkitabiah Agar Tetap Awet Muda dan Sehat

Siapa yang mau awet muda dan sehat? Wah pastinya siapa saja mau ya. Sebagian besar orang menganggap awet muda itu memiliki kulit yang mulus tanpa kerutan dan rambut yang bersinar tanpa uban. Tapi sebenarnya awet muda tidak hanya bisa digambarkan fisik luar saja, tapi juga organ tubuh dalam manusia lho. Nah berhubungan dengan awet muda ini, maka kita sebagai manusia juga harus merawat tubuh yang diciptakan menurut citra Allah.

Menurut Pdt. dr. Elizabeth Subrata, agar kita awet muda baik fisik diluar maupun didalam lalu juga tetap sehat, kita bisa mengatur pola makan atau berdiet sesuai prinsip Alkitabiah lho. Berikut tipsnya:

1. Jangan makan berlebihan

Tuhan berkata “Jangan kamu sarat dengan pesta pora” dan dalam doa Bapa Kami Ia mengajarkan kita untuk makan secukupnya. Lambung kita kecil, jangan makan berlebihan. Ubah pola pikir kita tentang  makanan dari kuantitas ke kualitas.

Baca juga : MENGAPA GEREJA MEMBUTUHKAN GENERASI ANAK?

2. Hindari makanan yang jelas-jelas dilarang oleh Alkitab

Jika mengkonsumsi daging, makanlah daging yang tidak berlemak, kulitnya dibuang. Di dalam Perjanjian lama, lemak dan umbai-umbai (jeroan) adalah untuk dibakar sebagai ukupan, dan bukan untuk dimakan. Pilihlah ikan yang bersirip dan bersisik , sebab selain ikan-ikan tersebut seperti udang dan kerang, diciptakan Tuhan sebagai water filter agar ikan-ikan lainnya tidak tercemar.

3. Tidak merokok bukan berarti Anda sudah sehat

Seringkali kita menegur perokok aktif dengan menganalogikan bahwa merokok adalah seperti bunuh diri. Padahal studi  di dunia medis telah menunjukkan bahwa ada yang lebih berbahaya dari nikotin, yaitu gula. Tersembunyi di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti es krim, kue, donat dan teh dalam kemasan. Para dokter menyebut diabetes sebagai ibu dari segala penyakit.

4. Banyak makan buah dan sayur

Makan buah dan sayur 3 kali sehari akan memberi tubuh kita mineral dan vitamin sebagai antioksidan yang menetralkan tubuh dari polusi dan radiasi akibat penggunaan handphone. Buah dan sayur membuat darah tidak kental, dimana darah yang mengental adalah penyebab serangan jantung. Berfirmanlah Allah: 'Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” Alkitab dengan jelas ingin kita banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Baca juga : 5 ALASAN KENAPA GEREJA HARUS MEMPERTAHANKAN GENERASI MUDANYA

5. Olah makanan dengan benar

Mengolah makanan dengan menggoreng, akan menghilangkan semua mineral, vitamin dan semua hal baik yang diberikan Tuhan dalam makanan.  Organ tubuh kita didesain untuk memakan apa yang Tuhan ciptakan. Makanan yang digoreng misalnya tidak bisa dicerna dengan baik dan berpengaruh dengan kinerja otak. Padahal menurut medis, usus adalah ‘second brain’ kita. Makanlah makanan yang fresh, paling tidak dikukus atau disteam.

Banyak orang masih terikat dengan sakit penyakit, dan sebagian besar diakibatkan karena mereka masih sulit mengatur makanannya. Kitab Hosea menuliskan “Umatku binasa karena kurang pengetahuan.” Lewat artikel ini, pemahaman baru diberikan agar kita bisa memulai sebuah kebiasaan baik.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK