ARTICLE

Tue - Jul 28, 2020 / 262 / Inspirational

5 Alasan Kenapa Gereja Harus Mempertahankan Generasi Mudanya

Generasi muda bisa berdampak luar biasa dalam perkembangan gereja ke depannya lho! Oleh karena itu, kita sebagai orang-orang yang menyiapkan generasi muda perlu mengerti dan paham hal-hal apa saja yang bisa mereka karyakan  bagi gereja di masa depan.

Menurut Bilangan Research Center (BRC) yang telah melakukan penelitian ke sejumlah gereja di Indonesia, semakin besar jumlah generasi muda di bawah 20 tahun di gereja, maka :

  1. Pelayanan digital

Anak mudalah yang sudah terbiasa menggunakan teknologi terbaru dalam keseharian mereka. Jika mereka bisa diberikan wadah dan kesempatan untuk melayani secara maksimal menggunakan teknologi, maka pelayanan digital gereja akan semakin berkembang.

 Baca juga : KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIGITALISASI PELAYANAN PADA GEREJA MASA KINI

  1. Kepedulian ke masyarakat

Perlu sedari dini untuk memupukkan rasa empati pada anak, terutama pada pelayanan anak dan remaja. Hal ini diperlukan agar kedepannya gereja memiliki generasi muda yang memiliki tingkat kepedulian ke masyarakat yang cukup intensif, sehingga gereja bisa mengamalkan kasih kepada lingkungan sekitar.

 

  1. Antar gereja

Gereja memerlukan generasi muda yang mampu mempersatukan. Karena merekalah yang nantinya akan memperkuat roh persatuan antar gereja.

 Baca juga : INILAH KELEBIHAN ANAK-ANAK YANG BISA JADI PEDOMAN BAGI IMAN KITA!

  1. Semangat kolaborasi

Adanya generasi muda yang aktif dalam gereja, dapat memampukan semangat kolaborasi dengan pemerintah maupun institusi sosial lainnya makin tinggi. Ini dikarenakan generasi muda yang masih semangat dan kreatif dalam membangun pelayanan gerejanya.

 

  1. Hubungan dengan lembaga lintas iman

Ketika generasi muda di gereja sudah memiliki semangat dalam berkolaborasi, maka tidak hanya hubungan dengan pemerintah maupun lingkungan sekitar, tapi juga dengan lembaga lintas iman yang makin tersambung. Biasanya di suatu daerah memiliki komunitas yang difasilitasi oleh daerah, salah satunya Forum Pemuda Lintas Agama. Disinilah para pemuda nantinya bisa berperan dan memperkuat tali silahturahmi dengan pemuda yang beragama agama lain.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK