ARTICLE

Thu - Oct 21, 2021 / 1156 / Parenting

3 Tipe Teman yang Dibutuhkan Oleh Anak Sesuai Firman Tuhan

Pada dasarnya, manusia punya kecenderungan untuk hidup sosial. Kita saling membutuhkan satu dengan lainnya. Sama halnya dengan anak. Pertemanan anak memang harus kita perhatikan, karena mereka terkadang masih sulit mengetahui mana teman yang membawa dampak positif atau negatif dalam hidupnya.

Mungkin anak pernah merasakan sakit hatinya berteman, tapi Superparents bisa menjelaskan bahwa dengan berteman, anak bisa saling berelasi, bertumbuh positif bersama, saling dukung, dan tidak terasing (1 Korintus 12:12-27).  Berikut ini petunjuk firman Tuhan agar anak bisa memilih teman yang baik.

  1. Teman yang mendukungnya

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” (Amsal 17:17)

Baca juga : CARA MENGENALI DAN MENGATASI STRES PADA ANAK, ORANG TUA WAJIB TAHU

Pelayanan Rasul Paulus bisa berjalan dengan baik karena dukungan dari teman-temannya. Entah Paulus sedang berhasil, dipenjara, dianiaya atau tidak, sahabat-sahabatnya selalu bersama Paulus untuk menyelesaikan misi pelayanan bagi para jemaat gereja mula-mula.

Tidak semua sahabat Paulus memberinya perkataan yang indah, kekayaan yang dibagi, tapi pelayanan Paulus bertumbuh karena dukungan doa dan tindakan kasih sederhana yang diberikan oleh mereka. Alangkah bahagianya jika anak bisa mendapatkan teman yang mengasihinya, berempati, dan mau jadi sahabatnya saat ia mengalami kesukaran.

 

2. Teman yang mau menasihati

Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.” (Amsal 27:6)

Paulus menasihati Timotius dengan keras karena dia tahu pelayanan Timotius akan dipenuhi tantangan. Superparents bisa menjelaskan kepada anak bahwa mereka tidak perlu sakit hati kalau ada teman menyampaikan nasihat yang tidak menyenangkan hatinya. Bisa jadi mereka begitu menyayangi si anak, karena mereka melihat hal yang tidak disadari anak dari karakternya dan perlu diperbaiki.

 Baca juga : APA YANG HARUS ORANG TUA LAKUKAN KALAU TERLANJUR MEMBENTAK ANAK?

  1. Teman yang membantu anak fokus pada tujuan hidupnya

Sebagai orang percaya, kita perlu membantu anak untuk bisa mempertahankan relasi dengan teman-temannya yang berfokus pada firman dan kasih Tuhan. Teman yang berfokus pada Tuhan, akan menolong anak untuk tidak sekedar mengejar hal-hal duniawi yang praktis, tapi memberikan masukan dalam sudut pandangnya Tuhan.

Nah itulah 3 tipe teman yang harus anak miliki agar bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Apakah anak Superparents sudah mendapatkan ketiganya? Atau Superparents sudah mengajarkan anak agar bisa mendapatkan teman seperti ini? Jika anak sedang memiliki masalah pertemanan dan butuh dukungan dalam doa, Superparents bisa mengarahkannya untuk menghubungi Sahabat24 yang siap membantunya selama 24 jam.

SAYA MAU

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK