ARTICLE

Fri - Jun 08, 2018 / 3836 / Sunday School

Dari Sinilah Sekolah Minggu Dimulai ...

Jika kita tumbuh di tengah-tengah keluarga Kristen, sedari kecil kita pasti tahu Sekolah Minggu. Kelas anak-anak yang dipenuhi puji-pujian dengan berbagai variasi gerakan, lalu kemudian membahas cerita Alkitab dalam bahasa anak-anak.

Nah Super Teacher, tahukah Anda sejarah terbentuknya Sekolah Minggu? Dari awal, tujuan diadakannya Sekolah Minggu sama, yaitu untuk mengajari anak-anak tentang ajaran yang ada di Alkitab. Namun kejadian yang mendasari terbentuknya Sekolah Minggu sangat miris.

Foto Sekolah Minggu di Oklahoma, Amerika Serikat, sekitar tahun 1900an.
Sumber: wikipedia 

Disadur dari Wikipedia, Robert Raikes, seorang wartawan surat kabar di Inggris yang meliput berita mengenai krisis ekonomi pada abad ke-18, melihat banyak anak yang bekerja di pabrik-pabrik sebagai buruh kasar. Anak-anak ini bekerja selama enam hari dalam seminggu. Pada hari Minggu mereka libur.

Karena sudah bekerja, anak-anak ini memiliki uang sendiri. Namun di hari Minggu mereka menghabiskan uangnya untuk bersenang-senang. Minum-minuman keras, berjudi, bertingkah liar, dan tindakan-tindakan yang tidak terpuji lainnya.

Raikes tergerak hatinya. Dia lantas membuka sebuah kelas di hari Minggu di sebuah dapur kecil milik Meredith di kota Scooty Alley. Awalnya anak-anak diajarkan sopan santun, kebersihan, membaca, menulis, dan sebagainya. Kemudian mereka mulai diajarkan Alkitab.

Baca juga: DARURAT! PERHATIKAN PELAYANAN ANAK DI GEREJA ANDA SEKARANG JUGA

5 TIPS MENARIK MENGHIDUPKAN SUASANA PUJIAN DI SEKOLAH MINGGU

INI CARA KEREN BAGI GURU SEKOLAH MINGGU YANG MAU MENGAJARKAN TENTANG KERJA SAMA

Kelas ini berkembang. Dalam waktu empat tahun sekolah yang diadakan pada hari Minggu itu sudah menyebar sampai ke kota-kota lain di Inggris. Jumlah anak-anak yang datang mencapai 250.000 anak di seluruh Inggris.

Ketika Robert Raikes meninggal dunia pada tahun 1811, jumlah anak yang hadir di Sekolah Minggu di seluruh Inggris mencapai lebih dari 400.000 anak. Gerakan di Inggris ini akhirnya menjalar ke berbagai tempat di dunia, termasuk negara-negara Eropa lainnya dan ke Amerika.

Nah Super Teacher, bagaimana dengan gerakan Sekolah Minggu yang Anda layani? Semoga sejarah terbentuknya Sekolah Minggu ini semakin menambah semangat pelayanan Anda lebih baik lagi. (CG)

Sumber: id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Minggu

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK