ARTICLE

Wed - May 16, 2018 / 2668 / Sunday School

5 Tips Menarik Menghidupkan Suasana Pujian di Sekolah Minggu

Anak-anak adalah subjek yang tidak bisa ditebak. Kadang mood mereka sedang bagus untuk mendengarkan kata-kata guru sekolah Minggu, namun di menit lain mereka jenuh sehingga ibadah Sekolah Minggu menjadi terasa membosankan.

Berikut adalah beberapa tips mudah  yang dapat membantu guru sekolah Minggu menghidupkan suasana saat memimpin pujian.

1. Lakukan perubahan ritme lagu

Lagu dengan ritme cepat akan menambah gairah anak-anak. Namun hal tersebut dapat memicu adrenalin beberapa anak yang terlalu aktif sehingga kelas menjadi ribut. Guru bisa mengakalinya dengan membuat improvisasi perubahan ritme lagu di tengah-tengah pujian. Contohnya lagu Happy Ya Ya Ya. Di awal bisa dinyanyikan dengan semangat, namun ketika kelas menjadi tidak terkontrol, nyanyikan pujian ini semakin lama semakin pelan.

2. Nyanyikan lagu berpasang-pasangan

Cara ini akan membuat anak yang pasif menjadi bersemangat dan anak yang aktif menjadi tidak jenuh. Menyanyikan lagu yang membutuhkan gerakan berpasang-pasangan ini bisa diulangi hingga tiga kali dengan berganti teman di setiap pengulangan lagu.

Baca juga:

INI CARA KEREN BAGI GURU SEKOLAH MINGGU YANG MAU MENGAJARKAN TENTANG KERJA SAMA

3. Ciptakan koreografi kreatif

Buat koreografi baru yang berbeda di setiap lagu. Jika guru kehabisan ide, jangan ragu meminta bantuan dari anak-anak sekolah Minggu di kelas besar untuk membuat gerakannya.

4. Perkenalkan lagu baru

Sebagai guru, tentu kakak-kakak akan sangat senang jika anak-anak mengenal banyak lagu baru. Tapi jangan mengenalkan lagu baru dalam jumlah yang banyak sekaligus dalam satu kali pertemuan. Satu lagu baru sudah cukup agar anak lebih fokus mempelajarinya dan kegiatan sekolah Minggu tetap berlangsung aktif.

5. Hidupkan suasana pujian dengan sedikit permainan

Banyak lagu pujian yang bisa  dinyanyikan sambil bermain. Contohnya lagu Haleluya, Puji Tuhan. Buat versi bersahut-sahutan sembari berganti posisi duduk dan berdiri atau canon. Hal ini juga melatih otak anak untuk tetap konsentrasi melakukan tugasnya.

Baca juga:

JADIKAN KELAS LEBIH MENYENANGKAN DENGAN PERMAINAN TENTANG AMARAH

Selain itu, guru-guru sekolah Minggu diharapkan untuk selalu aktif mengikuti berbagai macam kegiatan pelatihan dan memperbanyak perbendaharaan lagu agar suasana ibadah sekolah Minggu selalu berbeda dan tetap menarik. Selamat mencoba!

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK