ARTICLE

Thu - Jan 20, 2022 / 1030 / Sunday School

Ciri-ciri Guru Sekolah Minggu yang Benar-Benar Menyukai dan Menikmati Pelayanannya

Melayani sebagai guru sekolah minggu (GSM) bukanlah hal mudah. Kadang pelayanan ini justru disepelekan karena bukan pelayanan yang populer dan hanya ‘menyasar’ anak-anak saja. Padahal lewat pelayanan guru sekolah minggulah, generasi masa depan yang mengasihi Kristus dan mencintai firman Tuhanlah terbentuk. Oleh karenanya, pelayanan guru sekolah minggu sangatlah berharga di sebuah gereja.

Nah kakak tahu nggak sih kalau kita bisa melihat lho, siapa saja yang benar-benar menyukai pelayanan anak ini dari karakter mereka.

Selalu bersukacita saat mengajar

GSM yang benar-benar menyukai pelayanan ini biasanya terpancar dari wajah dan cara dia mengajar. Jika dia benar-benar menikmati pelayanan anak, pasti wajah dan gesturnya penuh sukacita. Terlihat beban hidupnya seakan luntur ketika melihat anak-anak di kelas yang siap belajar.

Rajin dan cekatan

Karena dia begitu menyukai pelayanan anak, maka dia akan dengan rajin mengikuti persiapan, membuat perlengkapan untuk anak belajar, ikut acara dari sekolah minggu, dll.

Baca juga : 3 CARA MENGAJAR ANAK UNTUK MENYEMBAH TUHAN

Punya komitmen

Memang sebal ya kalau ada GSM yang tiba-tiba berhalangan mengajar, apalagi waktunya sangat mepet. Tapi ada saja lho GSM yang siap menggantikannya. Mereka mau karena memiliki komitmen yang penuh untuk memberitakan firman Tuhan kepada anak-anak. Sebaiknya kalau ada GSM yang berhalangan, jangan memberitahukan ke GSM lain secara mendadak ya. Kan kasihan mereka mempersiapkan bahan sekolah minggunya jadi kurang maksimal.

Kreatif

GSM yang menyukai dan menikmati pelayanannya pasti tahu kebutuhan anak-anaknya. Mereka tahu kalau dengan metode yang biasa saja, anak mudah bosan. Jadi mereka sudah menyiapkan segudang cara kreatif dalam menyampaikan firman Tuhan, mengajak anak bernyanyi pujian, ice breaking, dll.

Mengetahui permasalahan anak dan penyelesaiannya

Yang penting dari pelayanan sekolah minggu adalah materi yang kontekstual dengan kebutuhan anak. Hal ini juga akan semakin powerfull saat GSM mampu menganalisis masalah yang dialami oleh masing-masing anak. GSM bisa membawanya dalam doa dan jika ada waktu, mengajak si anak berbicara.

Baca juga : 8 TIPS AMPUH MENGHADAPI MASALAH YANG TERJADI DALAM PELAYANAN SEKOLAH MINGGU

Bertanggung jawab

GSM yang baik adalah GSM yang bertanggung jawab dengan pelayanannya. Baik secara persiapan, materi, perkataan, dan banyak lagi. Dengan bertanggung jawab, dia sudah menjadi teladan bagi anak dan mampu menghidupi firman Tuhan dalam kehidupannya sehari-hari.

Sangat menyayangi anak-anak

Ya pasti donk, semua orang yang terpanggil menjadi GSM memang sudah seharusnya menyayangi anak-anak. Lewat itulah, mereka bisa benar-benar menghayati peran mereka sebagai pengajar dan pembentuk generasi hebat.

Nah kalau kakak punya pergumulan dalam pelayanan kakak, boleh lho menghubungi team SAHABAT 24 untuk dibantu dalam doa. Yuk klik di bawah ini.

Hubungi SAHABAT24

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK