ARTICLE

Fri - Jul 23, 2021 / 778 / Sunday School

Ceritakan Tentang Kisah Yusuf Agar Anak Tidak Malas Lagi

Salah satu masalah anak yang sering dijumpai adalah kemalasan. Jika tidak segera diatasi, sikap buruk ini akan menjadi kebiasaan dan jauh lebih sulit lagi diubah. Mungkin kakak guru sekolah minggu (GSM) bingung bagaimana cara membantu para orang tua untuk mengubahkan anaknya agar menjadi lebih rajin.

Syukurnya, ternyata Alkitab menawarkan referensi ayat yang bisa mengajarkan anak-anak agar tidak malas lagi. Salah satunya adalah tentang kisah Yusuf, anak Yakub. Kisah ini menarik karena tidak hanya menampilkan rajin dalam kondisi menyenangkan. Akan tetapi juga, rajin dalam kondisi yang tidak menyenangkan.

Baca juga : CERITA ALKITAB YANG MENGUATKAN ANAK DI TENGAH PANDEMI, COCOK UNTUK BAHAN SEKOLAH MINGGU!

Nah kakak bisa menjadikan Yusuf sebagai bahan mengajar, agar anak mendapatkan gambaran bagaimana kerajinan si Yusuf ini. Ketika membaca Yusuf masih berada di keluarga tidak terlalu nampak bahwa Yusuf adalah seorang yang rajin. Namun, peristiwa dimana ia berada di rumah Potifar membuktikan bahwa kakak laki-laki dari Benyamin ini adalah seorang yang rajin.

“Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apapun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya.” (Kejadian 39:6)

Sangat mustahil seorang yang malas dapat bekerja dengan hasil sebaik itu, bukan?

Adapun poin-poin penting yang dapat kita bagikan kepada anak dari kisah Yusuf anak Yakub berkaitan dengan sikap rajin:

Baca juga : 5 HAL PENTING YANG BISA ANAK PELAJARI DARI PERUMPAMAAN TENTANG TALENTA

1. Jika kita rajin maka orang akan menyenangi kita termasuk orangtua.

2. Rajin itu tidak perlu ditentukan oleh situasi sekitar.

3. Rajin atau malas menentukan keberhasilan-kegagalan kita. Jika kita rajin maka dampaknya keberhasilanlah yang kita dapatkan (kita menjadi pintar, kita bisa menyelesaikan persoalan); sedangkan jika kita malas maka kita menjadi bodoh, kita akan kesulitan mengatasi masalah yang ada.

Siap dan bergairah untuk membagikan kisah inspiratif dari seorang Yusuf anak Yakub kepada anak-anak? Yang perlu diingat kakak, jadilah teladan dalam hal kerajinan karena keteladanan akan memperkuat apa (pesan) yang kita bagikan kepada anak-anak sekolah minggu kita.

Jika ingin didoakan dan mendapat penguatan, kamu bisa hubungi Sahabat24 di bawah ini dan menceritakan pergumulanmu!

Hubungi SAHABAT 24

Sumber : Jawaban.com

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK