ARTICLE

Thu - Jul 22, 2021 / 1631 / Sunday School

Cerita Alkitab yang Menguatkan Anak di Tengah Pandemi, Cocok untuk Bahan Sekolah Minggu!

Sudah hampir dua tahun kita menghadapi masa pandemi yang tidak kunjung usai. Anak mungkin sudah lelah berada di rumah terus dan bersekolah secara online. Mereka butuh kekuatan dan penghiburan dari keluarga maupun komunitas gereja (sekolah minggu) agar tetap semangat, terjaga imunnya, dan bahagia.

Superbook punya beberapa cerita Alkitab inspiratif yang bisa dijadikan bahan mengajar untuk sekolah minggu kakak. Berikut ulasannya:

  1. Ayub

Pasti kakak tidak asing dengan cerita Alkitab yang satu ini. Kisah Ayub bisa menguatkan anak-anak agar tetap berpengharapan dan beriman pada Tuhan walaupun berulang kali ditimpa kemalangan. Dalam cerita ini anak juga belajar bahwa buah dari iman adalah pemulihan hidupnya kembali.

 Baca juga : 5 HAL PENTING YANG BISA ANAK PELAJARI DARI PERUMPAMAAN TENTANG TALENTA

  1. Yusuf

Yusuf juga pernah ditimpa kemalangan dan masalah. Mulai dari kecemburuan saudara-saudaranya, ia dijual, difitnah, dipenjara, dll. Tapi iman Yusuf tetap kepada Allah, sampai akhirnya ia menjadi pemimpin kedua tertinggi di Mesir, dibawah Firaun. Berkat ketaatannya, ia bisa menyelamatkan banyak bangsa, termasuk keluarganya dari bahaya kelaparan.

 

  1. Daniel

Daniel adalah tokoh Alkitab yang sangat taat dan rajin berdoa. Namun ia sempat dimasukkan ke dalam gua singa karena ada beberapa orang yang iri padanya. Mereka mencari-cari kesalahannya dan menghasut raja. Karena Daniel adalah orang yang taat kepada Tuhan, ia tetap diselamatkan dari terkaman singa.

Sama seperti kondisi anak-anak saat ini. Gua singa bisa menjadi representasi dari masa ini yang begitu menakutkan bagi banyak orang. Tapi anak-anak bisa melihat sikap Daniel yang tetap taat kepada Tuhan dan rajin berdoa, sehingga bisa kuat dan berani di masa sulit ini.

 Baca juga : PERAN PENTING GEREJA UNTUK GENERASI ANAK DAN REMAJA YANG HARUS ANDA KETAHUI!

  1. Simson

Simson diberikan kekuatan fisik yang luar biasa dari Tuhan. Sayangnya ia lebih sering mengandalkan kekuatan fisik untuk kepentingan pribadi daripada membela kepentingan Tuhan. Simson mengalami kehancuran pada saat tergoda dan dikhianati oleh Delila. Saat itu Tuhan meninggalkannya. Sampai akhirnya di penjara, Simson mulai tersadar akan kesalahannya dan bertobat. Ia memohon kepada Tuhan untuk diberikan kekuatan sekali lagi untuk mengalahkan musuhnya, orang Filistin. Tuhan pun mengabulkannya.

Cerita ini bisa menjadi penggambaran bagi anak-anak agar tidak mengandalkan kemampuan diri sendiri di masa yang sulit ini. Justru kita harus menyerahkan hidup kita kepada Tuhan, karena Dialah tahu apa yang terbaik bagi kita.

 

  1. Perempuan yang 12 tahun pendarahan

Inilah cerita yang Momin suka banget karena menggambarkan iman yang begitu besar. Perempuan ini telah sakit lama dan terpuruk di masyarakat. Tapi keinginannya untuk sembuh, menguatkan iman dan keyakinannya pada Tuhan. Sehingga kuasa kesembuhan keluar dari tubuh Tuhan Yesus saat ia menjamah jubah-Nya! Cerita ini cocok untuk menguatkan anak atau ada anggota keluarganya yang sedang sakit agar mereka bisa punya iman seperti perempuan ini.

Jika ingin didoakan dan mendapat penguatan, kamu bisa hubungi Sahabat24 di bawah ini dan menceritakan pergumulanmu!

Hubungi SAHABAT 24

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK