ARTICLE

Fri - Jul 16, 2021 / 607 / Sunday School

5 Hal Penting yang Bisa Anak Pelajari dari Perumpamaan Tentang Talenta

Banyak orang Kristen yang menggunakan kata ‘talenta’ untuk menggambarkan bakat atau kemampuan. Padahal jika kita melihat lebih luas, talenta adalah kemampuan spesial yang membuat seseorang mampu melakukan suatu hal dengan sangat baik. Melalui talenta, muncullah orang-orang yang mampu bekerja maksimal seperti akuntan professional, guru dengan dedikasi, penyanyi yang menginspirasi, penari yang menghibur, dll.

Tapi apa sih yang bisa kita pelajari dari perumpamaan Yesus tentang talenta di Matius 25:14-30?

  1. Pengertian talenta

Menurut Injil Matius, talenta melambangkan semua kemampuan, waktu, sumber daya dan kesempatan untuk melayani Allah ketika masih di bumi ini. Hal-hal ini dianggap oleh Allah sebagai sesuatu yang dipercayakan kepada kita. Kita harus bertanggung jawab untuk mengelolanya dengan sebijaksana mungkin.

 Baca juga : CARA MENGGERAKKAN REMAJA DAN PEMUDA GEREJA AGAR MAU JADI GURU SEKOLAH MINGGU

  1. Talenta yang dimiliki setiap orang berbeda-beda

Tuhan memberi talenta sesuai dengan kesanggupan masing-masing. Setiap orang dipercayakan talenta dalam jumlah dan bentuk yang berbeda sesuai kemampuan kita. Tapi yang paling penting bukanlah talenta awal yang ada padamu. Ada beberapa hal yang harus menjadi tujuan lanjutan dari talenta tersebut. Jangan pernah iri dengan orang lain yang punya kemampuan lebih banyak.

 

  1. Talenta harus dikelola dengan bijaksana agar hasilnya maksimal!

“Work hard beats talent,” gandakan talentamu dengan berusaha lebih keras! Dalam penggandaan talenta, kamu tidak dituntut mengembangkan potensi yang tidak kamu miliki, sama seperti perumpamaan tentang talenta.

Jika kamu membaca lagi perumpamaan tentang talenta, penggandaan yang digambarkan adalah dua kali lipat. Untuk itu kamu perlu membuat target usaha apa saja yang kamu lakukan untuk menggandakan talentamu.

 

  1. Bersiap menerima tanggung jawab yang lebih besar

Jika kamu berhasil mengembangkan talentamu, bersiaplah menerima tanggung jawab yang lebih besar dari Tuhan! Kerjakan talentamu dengan usaha terbaik yang bisa kamu lakukan untuk memuliakan nama Tuhan yang sudah memberikan talenta itu pada kita!

 Baca juga : PERAN PENTING GEREJA UNTUK GENERASI ANAK DAN REMAJA YANG HARUS ANDA KETAHUI!

  1. Kembangkan talenta dan jadi dampak

Seperti yang Tuhan telah katakan dalam firman-Nya, bahwa kita harus mengembangkan talenta yang Ia berikan, CBN juga mau mengajak anak-anak dan remaja di jaringan gereja CBN seluruh Indonesia untuk ikutan acara Church Talent Festival! Di acara ini, generasi muda bisa bebas berekspresi untuk menyalurkan talentanya dalam video berdurasi maksimal 5 menit. Mereka tidak hanya bisa mengembangkan talentanya, tapi juga berdampak bagi gereja dan sekitarnya.

Ayo segera daftarkan anak-anak dan remaja di gereja kakak! Caranya klik di bawah ini.

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK