ARTICLE

Fri - Mar 12, 2021 / 583 / Sunday School

Cara Mudah Menjelaskan Tentang Puasa Umat Kristiani Kepada Anak

Sebelum menyambut Paskah, sebagian umat Kristen dan Katolik akan melaksanakan puasa. Nah kakak sendiri, pernahkah mengajak anak untuk melakukan puasa juga? Bagaimana hayo caranya menjelaskan tentang arti puasa, kenapa kita berpuasa, dan caranya seperti apa? Yuk kita ulik tuntas lewat artikel ini.

Kenapa kita puasa?

Tuhan ingin kita, termasuk anak-anak punya relasi atau hubungan yang baik dengan-Nya. Fokus kepada Tuhan memang tidak mudah, apalagi kalau banyak distraksi di sekitar kita. Mulai dari kesibukan sekolah, media sosial, hobi, dll. Ini cara mudah menjelaskan apa itu puasa kepada anak-anak. Puasa itu adalah ketika anak bisa mengurangi bahkan menyingkirkan distraksi dalam kehidupannya sehingga mudah berfokus kepada Tuhan. Tuhan juga fokus kepada kita, karena kita sangat berharga bagi-Nya.

Baca juga : TERNYATA INI ALASANNYA KENAPA ORANG KRISTEN MENGATAKAN AMIN DI AKHIR DOA

Bagaimana caranya berpuasa?

Puasa dalam Kristiani tidak selamanya tentang tidak makan selama beberapa waktu. Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam melakukan puasa. Misalnya berkomitmen untuk tidak memakan makanan kesukaan, tidak memakai gadget atau media sosial, tidak main games, dll. Tapi kalau mengerjakan PR itu tetap harus ya.

Nah ketika kita telah berkomitmen untuk tidak melakukan hal-hal tersebut selama masa puasa, kita diharapkan bisa mengisi waktu tersebut dengan lebih berfokus pada Tuhan. Fokus itu maksudnya gimana momin? Ya bisa dengan fokus mendengar suaranya, berdoa, membaca firman Tuhan, berdiskusi dengan orang lain tentang kebaikan Tuhan dalam hidup kita dan lainnya.

Berpuasa juga berarti menyangkal diri. Maksudnya gini kak, anak menyangkal diri berarti mereka tidak lagi mementingkan kepentingan dirinya sendiri, melainkan lebih peduli kepada orang lain. Kakak bisa mengajak mereka membantu, melayani, dan memberi kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan begitu, anak-anak sudah belajar juga mengamalkan kasih Kristus kepada lingkungannya.

Baca juga : 5 KISAH ALKITAB TENTANG PENGAMPUNAN YANG PALING FENOMENAL DAN WAJIB ANAK KETAHUI

Kenapa sebagian gereja Kristiani mengajak umatnya berpuasa dalam masa Pra-Paskah?

Beberapa gereja Kristiani saat ini menghimbau jemaatnya untuk berpuasa dengan empat tujuan ini :

  1. Mengenang dan memahami makna kesengsaraan dan kematian Kristus bagi pemulihan martabat manusia sebagai gambar Allah.
  2. Menyatakan pertobatan dan penyerahan diri kepada Kristus serta memohon bimbingan dan pertolongan agar dapat setia dalam mengemban tugas panggilan selaku kawan sekerja Allah.
  3. Melatih diri untuk mengendalikan diri agar tidak diperbudak oleh keinginan dan hawa nafsu yang tidak benar (Roma 6 : 3 - 13)
  4. Mempertajam semangat solidaritas dan sosial agar dapat meningkatkan kepedulian terhadap orang lain.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kakak jelaskan kepada anak-anak tentang puasa. Apakah kakak dan anak sekolah minggu kakak berpuasa juga? Yuk sharing pengalaman puasanya di kolom komentar!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK