ARTICLE

Mon - Jul 19, 2021 / 322 / Parenting

Cara Mudah Menemukan Bakat Anak yang Terpendam

Setiap orang tua pasti mau yang terbaik untuk anak-anaknya. Senang kalau melihat anak bisa berprestasi dan sukses dalam kehidupannya. Tuhan sendiri memberikan talenta dan bakat pada masing-masing manusia. Bakat inilah yang harus dimaksimalkan agar bisa berkembang, berguna, dan menjadi dampak bagi diri anak ataupun sekitarnya.

Bakat dan talenta anak sangat beragam. Walaupun anaknya kembar, tapi bisa saja bakat mereka jauh berbeda. Sebagai orang tua, kita diberikan kemampuan oleh Tuhan untuk mengidentifikasi bakat yang dimiliki oleh anak. Saat kita mampu menemukan bakat anak sedari dini, maka mudah bagi Superparents untuk mengarahkan dan mengembangkan bakat anak tersebut agar sesuai dengan kehendak Tuhan.

Baca juga : INILAH PERLENGKAPAN YANG ANAK BUTUHKAN UNTUK SEKOLAH DAN SEKOLAH MINGGU

Bagaimana cara kita mengetahui bakat anak?

  1. Amati perilaku atau tingkah anak sesering mungkin sejak dia masih belia.

Semakin sering papa mama mengamati perilaku anak, semakin mudah untuk menemukan hal apa yang paling sering dilakukan anak. Amatilah kelebihan anak, mainan/ kondisi yang ia senangi,  kemampuan alami yang ia miliki dan bisa bagus tanpa harus diajari, dll.

 

  1. Berikan kesempatan kepada anak untuk tumbuh dan belajar.

Ikuti kegiatan apa yang mereka ingin lakukan dan tidak perlu memaksa anak. Misalnya, mereka ingin ikut kelas vokal, musik, melukis dan sebagainya. Jika kegiatan itu ternyata membuat anak bahagia, terus dorong mereka untuk mengikutinya. Tapi jika anak tampak lelah dan kehilangan gairah, mungkin lebih baik berhenti. Menemukan bakat paling dominan dalam diri anak butuh proses. Jadi beri mereka waktu untuk berkembang.

 Baca juga : TIPS MENUMBUHKAN SEMANGAT DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEDARI DINI

  1. Sabar

Butuh waktu untuk menggali bakat yang terpendam. Jaga ekspektasi Superparents dan jangan memaksa. Tuntunlah supaya anak semakin dekat dengan bakat yang Tuhan harapkan untuk dikembangkan oleh anak.

 

  1. Terus berdoa dan tanya ke Tuhan soal bakat yang dimiliki oleh anak.

Bawalah pergumulan Superparents dalam menemukan bakat anak dalam doa. Mintalah petunjuk kepada Tuhan karena Dialah yang memberikan anak kita talenta. 1 Korintus 12, Roma 12 dan 1 Petrus 4 bisa menjadi penuntun Superparents dalam menemukan bakat anak ini.

Bagi Superparents yang sudah melihat cikal bakal bakat anak, nah boleh nih mengajak anaknya untuk ikutan Church Talent Festival! Acara ini diadakan dalam rangka menyambut HUT CBN yang ke-22 sekaligus menjadi wadah bagi anak dan remaja di gereja-gereja jaringan CBN di seluruh Indonesia agar bisa menyalurkan talenta yang mereka miliki. Segera daftar dan kirimkan video bakat anak ke link di bawah ini:

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK