ARTICLE

Tue - Jul 02, 2024 / 105 / Parenting

Cara Membuat Liburan Anak Lebih Produktif: Ide Aktivitas yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Liburan sekolah adalah waktu yang dinantikan oleh anak-anak. Namun, tanpa pengawasan dan rencana yang tepat, liburan bisa menjadi waktu yang dihabiskan hanya untuk bermain game atau scrolling sosial media. Sebagai orang tua, SuperParents bisa memanfaatkan liburan ini untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan anak-anak melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan produktif. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas yang bisa SuperParents lakukan bersama anak selama liburan.

Ide Aktivitas Anak Selama Liburan

1. Berkebun/ Wisata Alam

Mengajak anak berkebun atau berwisata alam bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus edukatif. Anak-anak bisa belajar tentang berbagai jenis tanaman, cara merawatnya, pentingnya lingkungan, dan mengenal alam. Berkebun juga bisa mengajarkan kesabaran dan tanggung jawab.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Mengajak anak membuat kerajinan tangan bisa mengasah kreativitas dan keterampilan motorik halus mereka. SuperParents bisa membuat berbagai macam proyek seperti lukisan, origami, atau proyek DIY sederhana yang bisa ditemukan di internet.

3. Memasak Bersama

Mengajak anak memasak di dapur bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mendidik. Mereka bisa belajar tentang bahan makanan, proses memasak, serta pentingnya nutrisi. Mulailah dengan resep-resep sederhana seperti membuat kue atau salad.

4. Membaca Buku

Manfaatkan waktu liburan untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Ajak mereka memilih buku yang menarik dan bacalah bersama-sama. Membaca buku tidak hanya mengembangkan kemampuan membaca, tetapi juga menambah wawasan dan imajinasi mereka.

5. Eksperimen Sains Sederhana

Anak-anak biasanya suka dengan eksperimen. SuperParents bisa mencari eksperimen sains sederhana yang bisa dilakukan di rumah, seperti membuat gunung berapi dari soda kue dan cuka, atau eksperimen lainnya yang bisa ditemukan di internet.

BACA JUGAKekuatan Doa dalam Keluarga

6. Olahraga dan Aktivitas Fisik

Ajak anak-anak untuk tetap aktif dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik. SuperParents bisa bersepeda, berenang, atau sekadar berjalan-jalan di taman. Aktivitas fisik penting untuk kesehatan tubuh dan bisa membantu mengurangi waktu layar.

7. Mengunjungi Tempat Edukatif

Manfaatkan liburan untuk mengunjungi tempat-tempat edukatif seperti museum, kebun binatang, atau planetarium. Tempat-tempat ini bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

8. Belajar Keterampilan Baru

Liburan bisa menjadi waktu yang tepat untuk belajar keterampilan baru. Ajak anak untuk belajar bermain alat musik, mempelajari bahasa baru, atau mengikuti kursus online yang sesuai dengan minat mereka.

9. Melakukan Proyek Keluarga

Melakukan proyek bersama sebagai keluarga bisa mempererat hubungan dan memberikan rasa pencapaian. SuperParents bisa membuat proyek seperti merapikan rumah, mendekorasi ulang kamar anak, atau membuat taman kecil di halaman.

10. Membuat Jurnal Liburan

Ajak anak untuk membuat jurnal liburan di mana mereka bisa menulis atau menggambar tentang kegiatan yang mereka lakukan setiap hari. Jurnal ini bisa menjadi kenangan yang berharga dan juga melatih kemampuan menulis dan mengungkapkan perasaan mereka.

Liburan sekolah tidak harus dihabiskan dengan bermain game atau sekedar scrolling sosial media saja. Dengan sedikit perencanaan dan kreativitas, liburan bisa menjadi waktu yang produktif dan menyenangkan. Manfaatkan waktu ini untuk mengembangkan keterampilan dan minat anak-anak, serta mempererat hubungan keluarga melalui berbagai aktivitas yang bermanfaat. Selamat berlibur!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK