ARTICLE

Mon - Nov 05, 2018 / 295 / Parenting

Cara Melatih Anak Agar Menjadi Kuat dalam Menghadapi Kerasnya Kehidupan

Ketika kita mencintai seseorang, kita mencintainya walaupun ia rapuh tapi juga karena kerapuhannya. Mereka tidak akan menjadi orang yang rapuh kalau sedari awal tidak dilatih menjadi rapuh dan terbatas. Ketika anak sakit, pikiran kita, kenapa anak ini harus menanggung kesakitan seperti ini.

Kita nggak bisa lho membiarkan anak dengan kerapuhan, kemungilannya, kekanakannya, dan selalu membutuhkan kepedulian kita.Tapi marilah kita latih mereka untuk berjuang, berkembang, tanpa mereka cenderung merasa sakit, hancur, dan rentan. Lalu apa yang harus kita lakukan? Ajari mereka supaya kuat!  

Baca juga : DOAKANLAH 5 HAL INI AGAR ANAK KUAT DALAM MENGHADAPI KEHIDUPAN SEKOLAH YANG BARU

1. Perkenalkan mereka dengan dunia sebanyak yang bisa kita lakukan.

Itulah penangkal ampuh dari kerapuhan mereka sendiri. Hidup itu penuh perjuangan. Ini FAKTA! Dan malahan sebenarnya lebih buruk lagi karena penderitaan dapat diakibatkan dari amarah dan pikiran yang pesimis.

 

2. Mereka itu kuat!

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Filipi 4:13

Tanamkan dalam pikiran anak-anak bahwa mereka itu kuat dan bahkan mereka bisa mengembangkan kekuatannya. Kita semua diciptakan lebih kuat dari kelihatannya.

Sumber: Pexels

3. Berikan motivasi.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8: 28

Berikan mereka motivasi setiap saat bahwa mereka dapat melakukan apapun di dalam Tuhan.

 

4. Jangan mudah putus asa.

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” 1 Petrus 5:7

Tanamkan agar mereka tidak mudah berputus-asa, apalagi kalau anak tersebut belum memulainya. Kadang anak seringkali ketakutan untuk memulai yang baru karena takut gagal. Biarkan saja. Dengan kegagalan, mereka bisa belajar untuk bangkit dan memperbaiki kesalahannya.

Baca juga : 6 KESALAHAN FATAL YANG ORANG TUA LAKUKAN PADA GENERASI MILENIAL

5. Tuhan bersama mereka.

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” Filipi 4:6-7

Tuhan akan selalu bersama dengan anak kemanapun, kapanpun, dan sedang melakukan apapun. Jadi jangan pernah khawatir akan apapun juga. Semua pasti ada penyelesaiannya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK