ARTICLE

Mon - Jan 07, 2019 / 492 / Parenting

Cara Ampuh Mengatasi Pertengkaran dan Perkelahian Anak

Tantangan banget rasanya kalau lagi sekolah Minggu ada anak yang bertengkar di tengah ibadah. Wah pasti kakak Super Teacher bingung ya. Mau melerai atau tetap menjalankan ibadah seperti tidak ada apa-apa?!? Daripada bingung dan pusing, yuk lebih baik kita atasi dengan cara-cara berikut ini:

1. Orangtua dan kakak Super Teacher perlu menjaga emosi terlebih dulu

Kesal banget ya rasanya kalau sedang ibadah atau lagi tenang-tenangnya nih tiba-tiba ada anak yang berantemdan berisik. Wah bisa-bisa kita ikutan jadi emosi. Tapi eitss…. Kalau mau masalahnya cepat selesai, sebaiknya padamkan dulu amarah kita. Soalnya, jika kita menunjukkan kekesalan, kemarahan, dan teriakan kepada mereka, pendisiplinan mereka justru tidak akan berjalan secara efektif.

Jadi apapun permasalahan yang sedang terjadi, pendisiplinan anak tidak boleh dicampuradukkan dengan perasaan kesal dan jengkel orangtua maupun guru sekolah minggu. Marilah kita bertindak dan berpikir secara bijak tanpa perlu emosi.

 Baca juga : 4 CARA PENTING UNTUK MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEJAK DINI

2. Amati pertengkaran mereka terlebih dulu

Pertengkaran dikalangan anak-anak memang seringkali terjadi dan berulang saat bermain. Baik itu karena penyebab yang besar atau kecil. Sebaiknya amati dulu pertengkaran mereka, apakah Super Teacher perlu ikut campur atau tidak. Mungkin anak malah bisa menyelesaikannya sendiri.

Kalau Anda sebagai orangtua dan guru sekolah Minggu menanggapi pertengkaran mereka dengan sensitif, anak akan menunjukkan berbagai cara untuk menarik perhatian kita. Agar hal ini tidak terjadi, janganlah tergesa-gesa untuk ikut campur masalah mereka sebelum diperlukan.

 

Sumber: cbc.ca

3. Tunggu sampai anak-anak reda emosinya

Emosi anak-anak dapat dengan cepat meningkat saat mereka bertengkar. Tunggulah mereka mereda dengan sendirinya. Tapi kalau semakin parah, mintalah mereka untuk saling berjauhan dan menarik nafas panjang. Setelah bisa tenang, tanyalah kepada masing-masing anak masalahnya seperti apa.

 Baca juga : BERIKAN ANAK MOTIVASI DENGAN 7 CARA EFEKTIF MEMBERIKAN PUJIAN

4. Pahami perasaan kedua anak

Siapapun yang memulai pertengkaran, pasti mereka mempunyai alasan masing-masing. Saat anak sudah mampu menenangkan dirinya, terimalah dan berusahalah berempati dengan perasaan mereka. Biasanya anak sudah merasa terhibur jika kita mau mendengar dan menyimak cerita mereka.

 

5. Berikan waktu kepada anak untuk berpikir

Sebaiknya hindari mengkritik tingkah laku anak. Justru ajarilah mereka untuk introspeksi diri dan jangan membela sudut pandang kakak/ adik/ temannya. Bantulah mereka untuk memiliki sikap empati dan memahami orang lain. Setelah mereka mampu, ajarkan anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK