ARTICLE

Wed - Mar 02, 2022 / 4863 / Parenting

Cara Agar Anak Mau dan Mampu Mengingat Firman Tuhan Setiap Waktu

Salah satu hal paling “powerful” yang dapat kita ajarkan ke anak-anak adalah Firman Tuhan. Tidak hanya anak-anak sebenarnya yang bergumul dalam menghafal ayat, orang dewasa juga. Bisa karena terlalu sibuk atau memang kemalasan kita yang menghalangi untuk mendalami dan mengingat Firman-Nya.

Tuhan sendiri mengingatkan kepada kita berkali-kali di Alkitab tentang betapa pentingnya mengetahui kebenaran-Nya dan kehendak-Nya pada kehidupan kita. Dalam keseharian semua orang, pasti ada saja masalah dan pergumulan yang dihadapi. Dan ketika kembali pada Firman-Nya, disanalah kita mendapatkan jawaban yang kita butuhkan.  

Seperti Tuhan yang telah berjanji pada Yesaya 55: 11, Firman-Nya tidak akan kembali dengan kosong, tanpa menyelesaikan permasalahan kita. Yang diperlukan hanya berpegang dan lakukan kehendak-Nya sesuai dengan firman. Ia mengingatkan lewat 1 Petrus 1:25 bahwa Firman-Nya tetap untuk selama-lamanya. Kasih-Nya bersama dengan kita dalam setiap tahap dan pertarungan hidup kita.

Tuhan Yesus sendiri sudah memberikan contoh kepada kita di Matius 4: 1 – 11, bagaimana menghadapi pencobaan dengan mengutip apa yang tertera dalam Alkitab. Kebenaran Tuhan akan tetap berdiri kuat dalam waktu-waktu sulit dan menghadapi “musuh”. Tuhan juga mengingatkan kita lewat Ibrani 4:12 dan Efesus 6:17 bahwa firman-Nya adalah senjata terhebat, benar dan kuat, hidup serta aktif sampai sekarang.

Berikut ini adalah beberapa tips yang membantu Anda, keluarga, dan sekolah minggu agar tetap kuat dengan Firman Tuhan:

 

1. Mengulangi itu penting.

Sumber: maxresdefault

Katakan berkali-kali ayat Alkitabnya dengan keras dan dengan cara yang berbeda-beda. Seperti dengan permainan, menggunakan musik, atau dengan gerakan agar dapat membantu anak mudah mengingatnya.

Seperti dalam kurikulum Sekolah Minggu Superbook di bagian Super Ayat. Anak sekolah minggu akan diajak bermain sambil mengingat ayat. Jadi rasanya tidak berat dan justru menyenangkan.

 

2. Mulai mengingat sebagian kecil kemudian dilanjutkan terus sampai bisa hafal keseluruhan ayat.

Sumber: Celebrate Every Day With Me

SuperTeacher dan SuperParents bisa mengajak anak memulainya 1 ayat per minggu. Kemudian berganti ke ayat berikutnya, tapi tetap mengulang ayat yang sebelumnya.

 

3. Tuliskan.

Sumber: teachersoncall.ca

Gunakan kartu pengingat ayat yang bisa dibawa oleh anak kemana saja. Atau bisa juga memajang kartu tersebut ke tempat-tempat yang mudah terlihat oleh anak.

 

4. Bantu anak untuk menemukan ayatnya di dalam Alkitab.

Sumber: crosswalk.com

Biarkan mereka memberi tanda pada Alkitabnya sesuai dengan keinginannya.

 

5. Perbincangkan arti ayat tersebut yang relevan dengan kegiatan kita sehari-hari.

Sumber: everydayfeminism.com

Berikan contoh di kehidupan nyata bagaimana ayat itu dapat membantu kita melewati hari – hari terberat kita. Lalu jelaskan kenapa Firman Tuhan itu penting dalam kehidupan.

 

6. Biarkan mereka melihat teladan dari kita.

Sumber: Health Magazine

Mengingat Firman Tuhan dan menghidupinya itu tidak mudah bagi anak pahami dan jalani ketika kita sendiri tidak melakukannya. Jadilah teladan bagi mereka, agar merekapun tergerak untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan sesuai Firman.

Baca juga:

7 HAL YANG MEMBUAT SEKOLAH MINGGU DI GEREJA ANDA TIDAK BERKEMBANG (PART 1)

ALASAN KENAPA ANAK LEBIH BAIK IKUT SEKOLAH MINGGU DARIPADA BERSAMA DI IBADAH DEWASA

7 DOA YANG PERLU DIPANJATKAN UNTUK KEBERLANGSUNGAN SEKOLAH MINGGU

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK