ARTICLE

Tue - Dec 05, 2023 / 204 / Inspirational

CARA AMPUH AJARKAN ANAK MENGENAL YESUS DENGAN MENYENANGKAN

Mengenalkan anak sejak dini pada Yesus itu penting. Tapi, gimana ya caranya supaya anak-anak bisa enjoy sambil belajar? Yuk, simak tips ampuh dan menyenangkan berikut ini!

1. Cerita Interaktif yang Seru

Ayo bikin cerita tentang Yesus yang seru dan interaktif. Gunakan mainan atau gambar sederhana untuk membantu visualisasi. Ajak anak-anak berpartisipasi dalam cerita, mungkin dengan bermain peran. Dengan cara ini, mereka nggak cuma dengerin, tapi langsung ikutan dalam kisah Yesus.

2. Aktivitas Kreatif yang Edukatif

Anak-anak suka berkreasi, kan? Yuk, libatkan mereka dalam aktivitas kreatif yang sekaligus edukatif. Misalnya, membuat gambar tentang kisah-kisah Yesus atau membuat kuis sederhana. Dengan berkreasi, mereka nggak cuma belajar, tapi juga punya hasil karya sendiri yang bisa dibanggakan.

3. Nyanyian dan Lagu-lagu Rohani

Musik selalu jadi cara yang menyenangkan untuk belajar. Pilih lagu-lagu rohani yang catchy dan mudah diingat. Ajak anak-anak bernyanyi sambil mengajarkan pesan-pesan rohani. Musik bisa menjadi cara yang menggembirakan untuk memahami kasih Yesus.

4. Doa Bersama

Ajarkan anak-anak tentang doa. Buat suasana yang nyaman dan akrab saat berdoa bersama. Ajak mereka untuk berbicara dengan Yesus seperti sahabat. Doa bisa jadi cara yang intim dan personal untuk mengenal Yesus dalam kehidupan sehari-hari.

5. Baca Alkitab dengan Bahasa Sederhana

Alkitab kadang terasa rumit untuk anak-anak. Cobalah baca kisah-kisah Yesus dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dimengerti atau kita bisa membelikan mereka Alkitab khusus untuk anak yang bergambar sehingga mereka lebih mudah mengerti. Diskusikan bersama mereka setelah membaca, ajak berdiskusi dan beri penjelasan singkat. Ini akan membuat mereka lebih dekat dengan pesan-pesan Yesus.

6. Kegiatan Bersama di Gereja

Ajak anak-anak ikut serta dalam kegiatan gereja yang menyenangkan, seperti retret anak, kelas Alkitab khusus anak, atau kumpul bersama dalam acara kebaktian keluarga. Suasana gereja yang ramah dan akrab akan membantu anak-anak merasa dekat dengan Yesus.

Teruskan dengan Cinta dan Kesabaran

Mengenalkan anak pada Yesus memerlukan waktu dan konsistensi. Lakukan semua dengan penuh cinta dan kesabaran. Jadikan pengenalan pada Yesus sebagai perjalanan yang menyenangkan. Dengan begitu, anak-anak akan merasakan bahagia dalam mengenal Pribadi Tuhan sejak dini.

2 Timotius 3:15 TB Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Semoga cara-cara berikut bisa memberikan inspirasi bagi kita semua dalam mengenalkan anak-anak pada Yesus. Mari bersama-sama membimbing mereka menuju perjalanan iman yang penuh kebahagiaan dan pengertian akan kasih Yesus. Jangan lupa share konten ini ya jika kalian terinspirasi!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK