ARTICLE

Tue - Nov 16, 2021 / 331 / Inspirational

Bagaimana Caranya Mengelola Stres yang Baik Menurut Alkitab?

“Aduh, banyak banget ini kerjaan. Nggak selesai-selesai lagi. Bagaimana donk?” Lalu malah makan banyak karena stres berlebihan.

“Ah, anak rewel terus. Gimana mau kegiatan ini!” Bukannya menenangkan anak dan mencari tahu penyebabnya, tapi malah marah-marah sendiri tidak jelas.

Perkataan-perkataan tadi adalah stress coping mechanism yang tidak sehat lho. Cara ini memang dapat mengurangi emosi negatif dari kecemasan dan kuatirnya, tapi hanya sementara. Malah kadang, cara ini bisa menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

Baca juga : 3 FAKTA MENARIK DARI KISAH BAHTERA NUH YANG WAJIB DIAJARKAN KEPADA ANAK

Kenali pengelolaan stres yang tidak sehat?

  1. Overeating, Overspending, dan Oversleeping

Melampiaskan stress ke kegiatan yang bisa memuaskan kita, kadang memang efektif untuk meredakan stress. Sayangnya kalau berlebihan malah bisa berdampak buruk lho. Misalkan, mengalihkannya dengan cara nonton drama Korea berepisode-episode, makan terus, atau berbelanja online sampai kalap.

 

  1. Terlalu banyak mengeluh/ mengaduh

Memang benar sih kalau kita menceritakan keluhan kita kepada orang lain, bisa meredakan stress kita. Tapi kalau kita terus menerus mengeluh, selain tidak dapat selesai masalahnya, teman-teman kita juga bisa jenuh mendengar keluhan kita.

Jadi jangan sampai terlena dengan cara-cara instan menghadapi stress ya. Lalu bagaimana stress coping mechanism yang baik dan sehat menurut firman Tuhan?

  1. Kenali masalahnya

Jika Superparents sadar bahwa ada hal yang tidak beres dan mempengaruhi hidup, sadari hal itu dan berusahalah mengatasinya. Mengenali masalah membutuhkan evaluasi diri dan pengakuan dari kerendahatian kita (Mazmur 32: 2). Saat kita bisa jujur dengan diri sendiri kalau memang punya masalah, barulah kita bisa mencari pertolongan.

 

  1. Berikan diri istirahat sejenak dan cari pertolongan

Berhenti menyalahkan diri sendiri. Kita ini manusia, dan bukan pahlawan super. Kita selalu membutuhkan pertolongan Tuhan dalam menghadapi masalah apapun. Pertolongan yang Dia berikan juga tidak selamanya dilakukan secara supranatural, tapi Dia bisa memakai orang lain untuk membantu kita.

 Baca juga : INILAH PAHLAWAN IMAN VERSI ALKITAB YANG WAJIB KITA PERKENALKAN KEPADA ANAK

  1. Kembali pada Tuhan dalam doa

Saat kita dikuasai oleh kekuatiran, stress, kehilangan, dan lainnya, mari kita berbalik kepada Tuhan. Dia akan selalu ada dan senantiasa membantu kita mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Seperti firman Tuhan di Filipi 4:6-7, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

 

  1. Renungkan firman Tuhan

Alkitab, penuh petunjuk hidup dan janji Tuhan. Dengan merenungkan firman-Nya, kita bisa menghilangkan rasa kuatir, keraguan, ketakutan, dan stress. Berikut ini ayat yang bisa membantu Superparents : 2 Petrus 1:3, Matius 11:28-30, Yohanes 14:27, dan Mazmur 4:8 .

 

  1. Bersyukur dan muliakan nama Tuhan

“Bagaimana caranya bersyukur dalam kondisi yang sulit?” Saat kita bisa mengucap syukur atas hal-hal yang Tuhan berikan, kita bisa mengesampingkan rasa stress dan melihat karya Tuhan selama kita hidup. Betapa besar dan banyak-Nya hal yang telah Dia berikan pada kita. Dari situlah kita akan beroleh kembali kekuatan untuk menghadapi masalah yang ada, berkat kekuatan yang Tuhan berikan.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi stress ala Alkitabiah yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Superparents terberkati dengan artikel ini, yuk dukung terus dengan klik di bawah ini.

SAYA DUKUNG

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK