ARTICLE

Tue - Mar 10, 2020 / 997 / Inspirational

BELAJAR DARI KASUS REMAJA BUNUH ANAK! APA YANG HARUS KITA LAKUKAN SEKARANG?

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan kasus anak remaja berusia 15 tahun yang tega membunuh tetangganya yang baru berusia 5 tahun. Cara pembunuhannya pun cukup mengerikan, yaitu menenggelamkan sang anak di bak mandi di rumahnya.

Saat ini, remaja tersebut sedang diperiksa kondisi kejiwaannya untuk diproses lebih lanjut. Lalu, apa sih yang bisa kita lakukan, agar kasus seperti ini bisa kita minimalisir.

Baca juga: APA SIH YANG ANAK-ANAK DAN PEMUDA BUTUHKAN DARI GEREJA JAMAN SEKARANG?

  1. Perhatikan kebiasaan mereka

Mengutip dari kompas.com, salah satu kebiasaan si remaja adalah suka membunuh hewan tanpa alasan, termasuk kucing kesayangannya. Parahnya, itu bisa terjadi kapanpun sesuka hatinya ketika ia mau. Jadi, apa yang dilakukannya sekarang hanya hasil dari kebiasaannya dahulu.

Nah, karena itu, bagi guru sekolah Minggu, atau orangtua, penting banget memperhatikan kebiasaan anak. Karena, kebiasaan membentuk hidup mereka. Jika anak sudah punya kebiasaan yang aneh, seperti mencuri barang teman, tidak mau mengalah, suka memukul temannya, atau bahkan membunuh hewan, mulai ganti nilai mereka dengan kebenaran kak.

  1. Libatkan semua elemen

Anak memang tanggung jawab orangtua mereka. Tapi, orangtua pun bisa bekerjasama dengan gereja, sekolah, dan lingkungannya. Kenapa? Karena anak tidak hanya tinggal di rumah. Untuk mengawasi mereka, tidak cukup di rumah.

SuperParents, mulailah bangun hubungan dan minta tolong kepada wali kelas, orangtua teman anak kita, atau kakak sekolah Minggu dan kakak youth. SuperParents tidak bisa sendirian loh. Yuk, bekerjasama.

  1. Edukasi tentang kebenaran

Sebagai tempat anak dan pemuda harus berkembang, gereja juga harus ambil peran loh. Nah, peran apa sih yang bisa gereja ambil? Peran terbesar adalah mengedukasi mereka dengan kebenaran firman Tuhan.

Bagaimana caranya? Salah satunya adalah sediakan tontonan yang baik bagi mereka. Tahukah kakak, bahwa pelaku punya niat membunuh karena ia sering menonton film horror dan terinspirasi dengan salah satu adegan film horor? Karena itu, tontonan adalah hal yang penting diperhatikan.

Baca juga: SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #9 - CARA MUDAH TETAP SEMANGAT DAN KREATIF

Nah, buat kakak sekolah Minggu dan kakak pelayan pemuda, ini adalah peran kita untuk menyediakan tontonan yang mendidik agar semakin mengerti kebenaran firman Tuhan. Jika kakak bingung mencari tontonan yang bisa memberkati, Superbook dan Superyouth adalah jawabannya.

Penasaran? Kalian bisa tonton Superbook setiap hari Minggu di RTV jam 5.30 pagi, di sekolah Minggu masing-masing gereja, atau bisa dengan klik tulisan di bawah. Sedangkan untuk pemuda, kita bisa tonton Superyouth setiap hari Sabtu jam 10 pagi di GTV, atau bisa dengan klik tulisan di bawah.

KLIK DISINI UNTUK TONTON SUPERBOOK

KLIK DISINI UNTUK TONTON SUPERYOUTH

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK