ARTICLE

Fri - Feb 19, 2021 / 482 / Inspirational

Asal Usul Iblis yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ada aja pertanyaan anak-anak yang bisa membuat kita belajar lebih banyak dari Alkitab. Tentang dinosaurus ada tau nggak, malaikat bentuknya seperti apa, dan masih banyak lagi. Kalau di sekolah minggu kakak, ada nggak anak yang kepo banget tentang asal usul iblis atau setan? Nah daripada bingung jelasinnya ke anak, mending simak yang berikut ini.

Kata setan hanya digunakan dua kali di dalam Alkitab Terjemahan Baru, yaitu di Wahyu 12:9 dan Wahyu 20:2. Untuk akar kata Yunani ‘Satanas’ yang diterjemahkan menjadi ‘iblis’ disebut 34 tempat lain di Alkitab. Jadi sinonim ‘SATAN’ yang paling dekat dalam bahasa Indonesia adalah ‘iblis’.

Kapan persisnya Allah menciptakan para malaikat masih diperdebatkan, namun yang pasti Allah menciptakan segala sesuatunya itu BAIK, karena didalam kesucian-Nya, Allah tidak dapat menciptakan sesuatu yang berdosa. Allah tidakmenciptakan iblis. Yang Allah ciptakan adalah malaikat. Namun beberapa malaikat itu memberontak dan menjadi iblis atau setan.

Baca juga : 10 AYAT ALKITAB YANG MENGGAMBARKAN BAGAIMANA SEHARUSNYA HIDUP DI MASA AKHIR ZAMAN

Kok bisa seorang malaikat menjadi iblis?

Lucifer diciptakan dengan keindahan yang sempurna. Ia dipenuhi hikmat, sehingga ia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang terpandai dan tercantik (Yehezkiel 28:12 – 17). Walaupun malaikat adalah makhluk yang indah dan berkuasa, tapi mereka tidak boleh disembah karena malaikat adalah ciptaan Tuhan. Hanya Tuhan, sang penciptalah yang patut kita sembah.

Sama seperti ciptaan lainnya, malaikat yang menjadi iblis ini bebas untuk melakukan yang benar atau salah (kehendak bebas / freewill). Namun ia justru ingin disembah. Hasratnya untuk mendapatkan kemuliaan, melebihi hasratnya untuk menyenangkan Allah (Matius 4: 8-9 dan Yakobus 1: 13-14).

Dalam Yesaya 14: 13-14 dipaparkan bahwa malaikat yang menjadi iblis memilih untuk menentang Allah dan menghasut manusia untuk mengikuti dia. Jadi, ia menjadikan dirinya sendiri setan , yang berarti ‘penentang’ (Kejadian 3:1-5 dan Wahyu 12:9). Saat malaikat Lucifer ini memberontak dan melawan Allah sehingga jatuh dari surga (Yesaya 14, Yehezkiel 28), sepertiga malaikat lainnya bergabung dengan pemberontakan ini (Wahyu 12:3-4,9).

Penyebutan iblis di Alkitab

Lucifer dan Beelzebul adalah dua nama lain yang disebutkan dalam Alkitab yang seringkali dikaitkan dengan setan. Nama Lucifer dalam teologi Kristen diidentifikasi dengan ‘putera fajar’. Dalam Yesaya 14:12 dikaitkan dengan ‘pemfitnah’.

Baca juga : 9 AYAT ALKITAB YANG BISA MENGAJARKAN ANAK TENTANG KASIH UNTUK MERAYAKAN VALENTINE

Sedangkan Beelzebul adalah nama dewa orang Filistin, lebih tepatnya sejenis Baal dari kata Ba’al Zebul, yang artinya Dewa Lalat dan juga digunakan di Perjanjian Baru sebagai sinonim untuk setan. Setan juga digambarkan sebagau ular naga dan banyak lagi. Dalam Kejadian, setan diidentifikasikan dengan ular yang membujuk Hawa. Sedangkan pada Wahyu 20:2, disebut ular tua, iblis dan setan.

Jadi ingat…

Lucifer saat ini dikenal sebagai iblis yang berusaha menjatuhkan manusia ke dalam dosa, terutama dosa kesombongan. Penting untuk kita ingat bahwa Lucifer awalnya adalah seorang malaikat yang melayani Allah. Artinya, ia sangat mengerti bagaimana seharusnya manusia menyembah dan melayani Allah. Ia juga sangat mengerti apa kehendak Allah bagi kehidupan manusia, apalagi ia dikenal banyak hikmat.

Dengan kemampuannya, Lucifer mampu membolak balikkan segalanya. Dia mampu melakukan hal-hal yang berlawanan dengan kehendak Allah. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati agar tidak jatuh kedalam godaan iblis. Berhati-hati jugalah dengan kesombongan atas hikmat yang kita miliki. Jangan sampai kita menjadi Lucifer kecil. Kiranya segala kemuliaan hanya bagi Allah saja!

LIHAT VIDEO

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK