ARTICLE

Fri - Jun 04, 2021 / 1165 / Sunday School

Alasan Kenapa Orang Kristen Perlu Dibaptis yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Saat kita dibaptis, berarti kita mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta memberikan diri kita untuk dipakai oleh-Nya dalam memberitakan Kabar Baik. Tuhan Yesus sendiri sebelum memulai karya-Nya, juga menerima baptisan oleh Yohanes Pembaptis. Nah kalau kakak atau anak bertanya, kenapa sih Tuhan Yesus dibaptis, Superbook pernah lho membahasnya pada artikel ‘ANAK BERTANYA KENAPA TUHAN YESUS DIBAPTIS, INI JAWABANNYA’.

Apa kaitannya baptisan dengan Yesus?

  1. Saat kita dibaptis, berarti kita telah berbalik dari kehidupan lama yang penuh dosa ke dalam kehidupan baru di dalam Yesus Kristus.
  2. Berarti kita telah percaya akan kematian, penguburan, dan kebangkitan Yesus.
  3. Kita telah menjadi orang-orang yang percaya kepada Kristus.

Baca juga : MACAM-MACAM BAPTISAN PADA GEREJA KRISTEN DAN PENJELASANNYA

Kenapa orang Kristen perlu dibaptis?

Tuhan Yesus meminta kita untuk mengikuti teladan hidup-Nya, salah satunya tentang baptisan. Dalam Matius 28:19, dikatakan “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.”

Pada awal pelayanan-Nya, Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. Memang awalnya, Yohanes Pembaptis memanggil orang-orang untuk mengakui dosa mereka dan bertobat dengan pembaptisan di Sungai Yordan. Tapi dengan Yesus itu berbeda. Tuhan Yesus justru memilih untuk membaptiskan diri-Nya karena menggenapi kehendak Allah (Matius 3:15, Gal 4: 4-5) dan bukti penyerahan Roh Kudus menyertai pelayanan-Nya.

Yesus juga menjadi teladan bagi umat manusia. Sekalipun Ia tidak berdosa, tapi Ia mau setara dengan kita, manusia yang berdosa (2 Korintus 5:21, 1 Pet 2:24). Jadi harusnya kita sebagai manusia yang berdosa, juga ikut menyerahkan diri untuk dibaptis sebagai tanda bahwa kita mau hidup baru dalam Tuhan, siap mengikut Yesus, dan siap melayani orang-orang disekitar kita (menjadi garam dan terang).

Baca juga : ARTI PENTING BAPTIS DALAM KRISTIANI YANG PERLU KITA BAGIKAN KEPADA ANAK

Baptisan menunjukkan hubungan kita dengan Yesus dan saudara-saudara kita dalam Kristus. Kita semua adalah satu tubuh di dalam otoritas Tuhan yang sama. Tapi yang perlu diingat adalah Efesus 2:8-9, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Iman kepada Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan, bukan baptisan ya. Tapi untuk memenuhi perintah dan teladan-Nya, kita harus dibaptis sebagai keputusan menerima Tuhan Yesus dalam hidup kita. Baptisan itu luar biasa penting! Ini adalah ritus awal ketaatan orang Kristen, tanda siap membangun iman, serta siap membawa Kabar Baik bagi orang banyak.

Masih ada pertanyaan seputar baptisan? Yuk kasih komen di bawah ini.

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK