ARTICLE

Wed - Mar 18, 2020 / 1697 / Inspirational

Alasan Kenapa Kita Dihimbau Pemerintah Agar 14 Hari di Rumah, Yuk Patuh!

Waahh asyiknya, kita diperbolehkan belajar dan bekerja di rumah selama 14 hari! Eits jangan senang dulu. Tahukah kamu kenapa alasannya pemerintah melakukan hal itu dan kita harus patuh? Sayangnya masih belum banyak orang-orang yang mengetahui dan justru memanfaatkan waktu ini untuk berwisata atau melakukan kegiatan di luar rumah.

14 hari dinilai mampu menghambat laju penularan Covid-19 dan menyelamatkan ribuan orang lho. Jadi kalau kamu berdiam diri di rumah saja, berarti kamu sudah membantu pemerintah dalam memerangi penyakit ini dan  jadi berkat untuk orang lain! Lalu bagaimana bisa menyelamatkan orang lain?

Ketika seseorang menyentuh benda apapun yang bisa menginfeksinya dengan Covid-19, maka dia harus menunggu selama 14 hari (minimal). Jika tidak terjadi apa-apa, maka dia aman. Tapi kalau muncul gejala-gejala Covid-19, maka cepatlah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat atau menelepon Hotline Kemenkes di 119 ext. 9.

Baca juga : INILAH CARA AGAR TIDAK TERTULAR DAN MENULARKAN CORONA YANG PERLU DIKETAHUI

Nah libur 14 hari ini sebenarnya untuk memotong rantai penularan. Ini akan berhasil kalau SEMUA orang tetap tinggal di rumah masing-masing. Kenapa harus begitu?

Contohnya begini :

Ada seorang anak yang mulai libur tanggal 16 Maret sampai 14 hari ke depan. Ternyata ia dan keluarganya justru menggunakan hari libur itu untuk jalan-jalan ke mall lalu mengunjungi saudaranya. Seandainya dia jalan-jalan di hari ke 10, lalu tertular Covid-19 di tempat yang ia kunjungi. Kemungkinan saat anak ini masuk sekolah, gejalanya belum nampak tapi dia sudah membawa Covid-19 di tubuhnya dan berpotensi menularkan ke teman-teman dan gurunya.

Jadi 14 hari yang seharusnya tadi bisa meredam penularan justru menjadi tidak ada gunanya. Efek domino ini akan terus berlangsung dan rantai penularan tidak terputus. Oleh karena itu semua warga Indonesia itu harus bekerja sama dan saling bantu. Kita harus kompak untuk patuh. Kita boleh keluar rumah jika memang ada hal yang sangat perlu.

Kita juga harus saling pantau. Jika ada orang yang menunjukkan gejala-gejala Covid-19 mintalah ia segera ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Penularan akan stop di dia karena tidak akan ada kontak lain dalam 14 hari itu.

Baca juga : PANDUAN RAMAH ANAK TENTANG VIRUS CORONA UNTUK KELUARGA DAN SEKOLAH MINGGU

Jadi mari kita mengisolasi diri demi kebaikan diri sendiri dan orang lain. Yuk bantu jelaskan kepada orang lain agar bisa patuh dengan pemerintah dan terbantu menghentikan penularan Covid-19. Jika tidak, maka libur 14 hari akan percuma, mau setahun juga percuma kalau kita tidak bekerja sama untuk menyetop penularan.

Kiranya Tuhan Yesus selalu menjaga kita semua agar terhindar dari penularan penyakit ini dan cepat sembuh bagi yang sedang sakit. Mari kita doakan terus keadaan negara dan dunia ini semakin membaik ya. Tuhan Yesus memberkati.

Sumber: dr. Reisa Broto Asmoro

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK