ARTICLE

Fri - Jan 11, 2019 / 50771 / Sunday School

Alasan Kenapa Anak Harus Ikut Sekolah Minggu Daripada Ibadah Dewasa

Sekolah Minggu merupakan bagian gereja yang penting! Sayangnya justru kepentingannya kadang dianggap rendah dan dipinggirkan dibanding dengan pelayanan gereja yang lain. Pertanyaannya, apakah sekolah Minggu masih sebegitu berharga dalam membangun generasi Kristen selanjutnya? Dan jawabannya, YA!

'Sekolah Minggu adalah cara yang efektif dalam mengasuh anak-anak, memberikan pengetahuan, keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mapupun pertumbuhan iman di dalam Tuhan Yesus Kristus. Tujuannya adalah mencetak generasi pengikut Yesus Kristus yang dewasa secara iman maupun pengetahuan.'

Kalau SuperParents dan SuperTeacher sudah menyadari hal ini, kenapa masih sering ditemukan pertanyaaan, “Kenapa sih anak saya harus ikut sekolah Minggu? Padahal kan ada ibadah dewasa. Bukankah yang terpenting mereka mendengar firman Tuhan dan menyembah-Nya?”

Baca juga : CARA BERKOMUNIKASI DENGAN ANAK SEKOLAH MINGGU SESUAI UMUR

Alasannya:

1. Untuk menanamkan Firman Tuhan dalam kehidupan anak.

Sebagai orang percaya, kita harus melatih anak agar mencintai Firman Tuhan. Melalui kehadiran anak di sekolah Minggu, mereka akan diajarkan Firman Tuhan dimana cara penyampaiannya sesuai dengan kebutuhan agar mereka bisa menyerapnya. Kalau anak hadir di gereja dewasa, bagaimana dia bisa menyerap Firman Tuhan dengan baik padahal pergumulan yang dialami orang dewasa berbeda dengannya.

 Sumber : Superbook

2. Agar anak mau secara mandiri datang kepada Tuhan.

Memang benar, anak juga perlu mendapatkan pendidikan tentang iman percayanya dirumah. Namun  melalui gereja lokal, anak akan secara alami terlibat bersama dalam program-program gereja yang sudah disusun sedemikian rupa untuk melatih keimanan mereka.

 Baca juga : 5 PERMAINAN SERU UNTUK LIBURAN NATAL ANAK

3. Karena sekolah Minggu adalah sarana yang kondusif dalam mengajar Firman Tuhan.

Sekolah Minggu di desain untuk berfokus dalam menanamkan Firman Tuhan. Oleh karena itu, anak akan dibagi secara umur atau masuk dalam kelompok-kelompok kecil agar Firman secara efektif bisa disampaikan. Dalam sekolah Minggu, anak bisa berinteraksi dengan guru, mempraktekkan secara kontekstual firman Tuhan, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menyenangkan dengan fokus Alkitab.

 

4. Karena Tuhan telah menyiapkan pelayan-pelayan terbaik-Nya untuk generasi berikutnya.

Dalam 1 Korintus 12, dijelaskan bahwa semua manusia mempunyai karunia berbeda-beda sesuai yang telah diberikan oleh Tuhan. Dalam setiap gereja, Tuhan sudah mempersiapkan para pelayan terbaik dengan karunia-Nya untuk melayani anak-anak. Tinggal bagaimana gereja bisa menempatkan mereka, memfasilitasi, dan membantu mereka untuk mempersiapkan generasi ini.

 

Sumber : Superbook

5. Melatih anak untuk terjun langsung melayani orang lain, terutama teman-temannya.

Untuk itulah sekolah Minggu ada. Anak bisa berlatih melayani dengan kasih teman-temannya. Mulai dari memimpin doa, memimpin pujian, menuntun teman-temannya yang masih bingung dengan firman yang diajarkan, dan masih banyak lagi.

Nah sekarang sudah tahu kan kenapa anak harus ikut sekolah Minggu. Yuk ajak anak-anak disekitar kita yang belum rajin sekolah Minggu untuk ikut dan mendengar Firman bersama!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK