ARTICLE

Thu - Aug 17, 2023 / 991 / Sunday School

Ajarkan Anak Tentang Merdeka Dari Dosa Lewat Games Ini Yuk

Di momen perayaan kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia ini, mungkin sebagian dari kakak-kakak sekolah minggu punya ide untuk mempersiapkan games seputar kemerdekaan di minggu nanti.

Buat kakak yang belum dapat ide nih, Superbook Indonesia mau kasih satu ide games seru dan menarik buat anak. Dari games ini anak juga bisa belajar tentang gambaran merdeka dari dosa.

Penasarankan kakak-kakak. Jadi, mulailah dengan pesan dari ayatYohanes 8: 34 & 36, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa… Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.” Ayat ini akan jadi pesan utama dari setiap games yang dimainkan. Berikut pilihan gamesnya.

Games 1: Menarik Tali

Bagilah anak berpasangan. Salah satu anak dari setiap pasangan akan ditunjuk untuk mengikatkan tali di pergelangan tangan anak lainnya dan menuntun anak itu berkeliling sampai anak yang terikat itu bebas. Bagaimana anak itu bisa bebas? Jadi siapkan beberapa area yang menjamin anak itu bisa BEBAS. Anak yang terikat tali harus bisa berlari menuju area BEBAS yang sudah ditentukan.

Terus ulangi games ini sampai semua anak mendapatkan giliran. Setelah semua anak berada di area BEBAS, mereka bisa bersama-sama menyerukan “Kami Bebas.”

 

Baca Juga: Biar Sekolah Minggu Gak Membosankan, Ajak Anak-anak Main Ini Yuk!

 

Games 2: Rantai Dosa

Games yang satu ini mirip seperti petak umpat. Satu anak akan menjadi pemimpin dan waktu dia menangkan atau mendapatkan anak-anak lain, mereka akan bergandengan tangan mirip seperti rantai sampai semua anak bisa tertangkap. Semakin banyak anak yang berpartisipasi, maka rantainya akan semakin panjang. Dan kakak-kakak bisa mengajarkan bahwa dosa ibarat seperti rantai yang mengikat dan untuk bebas dari ikatan itu guru akan memberikan instruksi “Bebas”. Maka semua anak akan kembali berpencar.

 

Games 3: Kotak Kebebasan

Berikan satu kotak persegi kecil dan sebuah kertas kecil untuk setiap anak. Minta mereka mewarnai potongan kertas dan menempelkan kertas tersebut di bagian kotak. Lalu minta anak untuk menulis beberapa kata yang mengandung kebebasan. Misalnya, kita adalah anak-anak yang merdeka, aku sudah dibebaskan dari dosa, Yesus sudah menebus dosaku, aku diampuni dan sebagainya.

 

Baca Juga: 5 PILIHAN KEGIATAN KREATIF DI SEKOLAH MINGGU

 

Games 4: Melepaskan Balon

Ini adalah games yang sangat sederhana tapi akan sangat membantu anak memahami bagaimana Tuhan Yesus sudah memerdekakan mereka dari dosa. Pertama-tama, berikan satu balon kepada setiap anak. Pastikan balonnya sudah ditiup dan tidak bocor. Setelah itu, ajak anak keluar ruangan untuk melepaskan balon mereka ke udara. Jelaskan ke anak bahwa balon yang melayang bebas itu ibaratnya adalah diri mereka sendiri yang sudah dibebaskan dari dosa oleh pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib.

Sembari bermain games, ajak anak untuk menyanyikan lagu “Jagalah Hatimu Terhadap Dosa” bersama-sama.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK