ARTICLE

Fri - Nov 22, 2019 / 258 / Sunday School

Agar Anak Tidak Mengganggu dan Iseng di Kelas, Kakak Bisa Lakukan Ini Lho

Adakah anak yang suka iseng dan mengganggu temannya di sekolah Minggu kakak? Nah kalau saya ada kak. Wah pusing deh hadapinnya sewaktu saya belum tahu triknya. Tapi setelah mengenal dia dan latar belakangnya, ternyata mengubah kebiasaannya itu tidak begitu sulit lho.

Menurut penulis dan pendiri Happy Family, dr Justin Coulson, banyak orangtua yang sengaja menghukum anaknya di depan umum ketika membuat masalah agar mereka meminta maaf. Bahkan, hukuman tersebut cenderung mempermalukan si anak. 'Cara seperti itu memang bisa membuat anak meminta maaf, tapi sayangnya mereka jadi tidak memahami bahwa yang mereka lakukan yaitu mengganggu orang lain adalah sesuatu yang salah,' kata dr Coulson. Nah kita sendiri sebagai guru, apakah juga melakukan hal yang sama? Superbook mau kasih info nih bagaimana caranya mencegah bahkan mengurangi perilaku tersebut.

Baca juga : TIPS GURU UNTUK MEMBANTU ANAK BERADAPTASI DI SEKOLAH MINGGU BARUNYA

Ajarkan disiplin bukan menghukumnya

Lebih baik kakak mengajarkan hal apa saja sih yang dinilai salah beserta penjelasan logisnya, dibanding menghukum. Hukuman itu justru dapa merusak kepercayaan anak kepada kakak. Misalnya: anak menendang-nendang kursi temannya. Kakak bisa mengatakan untuk duduk yang baik agar anak-anak disekitarnya tidak terganggu.

 

Sumber: Parenting.co.id

Menjadi teladan

Jika kakak mau menegur dan mengajarkan kepada mereka agar tidak mengganggu lagi, maka kakak juga harus menjadi teladan dengan tidak menyakiti mereka lewat kata-kata maupun perbuatan. Ajak mereka berdiskusi bersama kakak dan tanyakan apa yang membuat mereka melakukan hal tersebut.

 

Mendorong  ‘empati’

Ajak anak untuk untuk berempati terhadap teman yang diganggunya. “Kalau kamu yang ditendang-tendang kursinya, senang tidak?” atau kasus lainnya, “Nanti bagaimana dengan orang tuanya kalau anaknya diganggu?” Lewat berempati, posisi anak ‘pengganggu’ akan diubah menjadi korban, sehingga mereka bisa tahu bagaimana perspektif orang lain yang diganggu.

 Baca juga : UMUR BERAPA SIH SEHARUSNYA ANAK MULAI BERSEKOLAH MINGGU?

Minta bantuan

Kakak nggak perlu menanggungnya sendiri, karena mendidik anak itu diperlukan kerjasama dari pihak orangtua dan keluarganya juga lho!

 

Jangan menyerah

Salah satu tugas kita menjadi guru sekolah Minggu adalah mencetak generasi yang meneladani Kristus dalam kehidupannya. Jadi kalau kita sudah menyerah, bagaimana dengan generasi-generasi berikutnya? Marilah jadi garam bagi anak-anak lewat pelayanan ini.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK