ARTICLE

Fri - Nov 08, 2019 / 533 / Sunday School

Umur Berapa Sih Seharusnya Anak Mulai Bersekolah Minggu?

Anak adalah berkat dari Tuhan. Inilah tugas kita sebagai orangtua maupun guru sekolah Minggu untuk merawat, mengajar, dan berkomitmen menyerahkan anak kedalam tangan Tuhan Yesus. Lalu pertanyaannya, umur berapa sih seharusnya anak dibawa ke sekolah Minggu?

Pembahasan kali ini mungkin ada pro dan kontra di masing-masing gereja ya. Ada yang mengatakan usia sekolah, dan ada yang sudah membawanya sejak bayi. Kebijakan gereja memang berbeda-beda, namun Superbook mau membahasnya secara garis besar ya SuperParents dan kakak-kakak semua.

Harus ‘sedari dini’ anak diperkenalkan kepada Tuhan. Saya sendiri sejak anak berada dalam kandungan sudah membacakan firman Tuhan. Hal ini saya lakukan karena banyak manfaat untuk anak. Selain karena bisa menenangkan janin, membacakan firman juga bisa menstimulus perkembangannya (lewat reaksi), membantu koneksi di otaknya, dan membantu perkembangan IQnya.

Baca juga : INI DIA TIPS MELATIH KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SEKOLAH MINGGU

Jadi jawaban untuk pertanyaan diatas adalah ‘sedari dini’ anak harus mengikuti sekolah Minggu. Apalagi anak yang sudah berumur 4 tahun keatas, wah itu wajib hukumnya bersekolah Minggu. Selain mereka sudah bisa menyerap firman Tuhan lebih baik, mereka sudah mulai terbiasa belajar dan bersosialisasi. Sayangnya ada saja orangtua yang masih mengajak anaknya ke ibadah dewasa dengan berbagai alasann. Misalnya :

Sumber : ipcmemphis.org

1. Orangtua juga ingin beribadah tapi anak masih terlalu kecil untuk ditinggal dikelas

SuperParents bisa kok bergantian menjaga anak di sekolah Minggu. Jadi salah satunya bisa membagikan apa yang disampaikan di ibadah dewasa kepada pasangannya setelah ibadah selesai. Ya, anggap saja sekaligus ibadah keluarga di rumah. Malah lebih asik dan membuat semua anggota keluarga bisa mendengarkan firman Tuhan bersama.

 

2. Tidak ada sekolah Minggu untuk bayi (0-3 tahun)

Ada beberapa gereja yang menyediakan ruangan khusus ibu dan bayi (ruangan bayi) yang bisa membantu agar orangtua tetap khusyuk saat ibadah sambil mengasuh anaknya. Ruangan ini juga membantu agar orang lain juga tidak terganggu dengan anak yang dibawa ke ruangan ibadah.

Kalau gereja SuperParents belum memiliki ruangan ini, SuperParents bisa usulkan ke gereja agar diberikan ruangan khusus tersebut. Atau jika memang benar-benar juga tidak ada ruang khusus ibu dan bayi, orangtua ‘harus’ dan wajib untuk menyediakan segala yang dibutuhkan anak saat ibadah. Misalnya saat bayi hampir menangis, ibu bisa memberikannya susu atau mainan sesuai kebutuhan anak.

 

Sekarang pertanyaannya lebih berkembang lagi untuk guru sekolah Minggunya. “Kalau anak 0-3 tahun ikut sekolah Minggu, lalu bagaimana cara mengajarkan firman Tuhan kepada mereka?” Tenang, Superbook punya caranya kak!

Baca juga : INI DIA! 3 TANTANGAN BESAR MELAYANI GENERASI ANAK JAMAN NOW!

1. Ajak anak untuk tetap membawa Alkitab. Kalau masih baby, orangtuanya yang bawa ya.

2. Ajak anak-anak itu duduk mendekat ke kakak, bahkan kalau bisa beberapa di pangku. Ajarkan dan ingatkan kepada mereka bahwa firman Tuhan itu berkaitan dengan hubungan (Antara Allah dan manusia serta sebaliknya) bukan hanya sekedar pelajaran.

3. Kakak bisa membacakan ayat Alkitab sambil bercerita. Lebih baik lagi kalau kakak membawa gambar yang bisa menjelaskan firman Tuhan. Bacanya seperti mendongeng kak.

4. Kalau peralatan sekolah Minggu kakak mendukung, kakak bisa memutarkan rekaman pembacaan Alkitab sambil memeragakannya atau memutarkan film 2 dimensi tentang cerita Alkitab.

5. Bernyanyi nyanyian yang isinya firman Tuhan, seperti ‘Daniel di Goa Singa’, ‘Yunus di Perut Ikan’, ‘Naik Kereta Buatan Tuhan’, ‘Daud dan Goliat’, ‘Bapak Abraham’, dan lain-lain.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK