ARTICLE

Thu - Nov 14, 2019 / 538 / Sunday School

Tips Guru untuk Membantu Anak Beradaptasi di Sekolah Minggu Barunya

Ada nggak yang anak sekolah Minggunya baru pertama kali ikut langsung bisa beradaptasi dengan teman-teman di kelasnya? Wah kalau ada, itu hebat banget kak! Tapi bagaimana ya ceritanya kalau anak tersebut masih bingung dan malu-malu saat beribadah karena berada di tempat baru dengan orang-orang yang tidak ia kenal? Ini tugas kita juga kak untuk membantu mereka.

Tidak semua anak bisa dengan mudah dan cepat untuk beradaptasi di lingkungan baru. Ada yang perlu bulanan bahkan tahunan agar terbiasa dan mendapatkan teman yang cocok. Kita sebagai guru sekolah Minggu bisa membantu mereka beradaptasi lho. Gini nih caranya kak.

1. Kenalkan keunikan sekolah Minggu

Setiap sekolah Minggu punya keunikan tersendiri, apalagi sekolah Minggu Superbook yang mempunyai berbagai macam kegiatan yang mengasyikkan sekaligus membantu mereka belajar firman Tuhan dengan cara mengasikan.

 Baca juga : UMUR BERAPA SIH SEHARUSNYA ANAK MULAI BERSEKOLAH MINGGU?

2. Berikan gambaran tentang asiknya bersekolah Minggu bersama

Supaya anak itu merasa nyaman dan rajin datang ke sekolah Minggu, jelaskan kegiatan apa saja yang bisa mereka ikuti, bagaimana teman-temannya, pelajarannya, dan masih banyak lagi.

 

3. Berkenalan dengan guru-guru

Anak akan merasa aman dan nyaman juga ketika sudah kenal dengan guru yang mengajar. Kakak bisa mengenalkan guru lainnya yang mengajar di kelas tersebut. Seperti pepatah mengatakan, ‘tak kenal maka tak sayang’, maka supaya disayang ya dikenal anak terlebih dulu.

 

Sumber: bimba AIUEO

4. Perhatikan kondisi anak

Lihatlah reaksi anak setelah ia menjalani satu hari bersekolah Minggu. Apakah dia merasa senang atau masih canggung. Jangan terlalu memaksa anak untuk cepat beradaptasi karena setiap orang berbeda-beda tahapannya. Mereka butuh proses untuk beradaptasi dan kita harus menolongnya.

 

5. Ajak anak membicarakan kekhawatirannya

Coba pahami apa yang dirasakan oleh anak dan mengajaknya bicara setelah ibadah selesai. Tanyakan perasaannya dan jelaskan bahwa kakak akan membantunya.

 Baca juga : INI DIA TIPS MELATIH KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SEKOLAH MINGGU

6. Dampingi anak

Berikan kata-kata penyemangat untuk membantu anak mengatasi rasa takutnya.

 

7. Bekerjasama dengan orangtua

Dengan menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik, maka proses transisi kan berjalan lebih mulus.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK