ARTICLE

Fri - Nov 24, 2023 / 72 / Sunday School

ANAK MERASA TIDAK DITERIMA? GURU SEKOLAH MINGGU WAJIB LAKUKAN INI!

Anak mungkin saja merasa tidak diterima di dalam lingkungannya, entah karena itu merupakan lingkungan baru baginya atau mereka memang punya sifat yang pemalu. Untuk itu SuperTeachers punya tanggung jawab besar dalam menciptakan lingkungan yang hangat dan nyaman untuk membuat anak merasa diterima. Mari kita bahas beberapa langkah yang dapat diambil oleh SuperTeachers untuk memastikan setiap anak merasa diterima dengan tulus.

Amati dan Lakukan Pendekatan Secara Pribadi

Langkah pertama yang harus diambil oleh SuperTeachers adalah mengamati perubahan perilaku anak secara cermat. Apakah ada tanda-tanda bahwa mereka merasa tidak diterima? Jika iya, segera lakukan pendekatan pribadi dengan anak tersebut.

Bertanya dengan Lembut

Buka komunikasi dengan bertanya dengan lembut

Tanyakan kepada anak tentang pengalaman mereka di sekolah minggu. Ini bukan hanya untuk mengetahui apakah ada masalah, tetapi juga untuk menunjukkan bahwa SuperTeachers peduli dan siap membantu.

Aktifkan Partisipasi Setiap Anak

Peran dalam Kelompok

SuperTeachers dapat memainkan peran yang signifikan dalam mengaktifkan partisipasi setiap anak dalam kegiatan kelompok. Pastikan tidak ada anak yang merasa terpinggirkan atau tidak diperhatikan. Pertimbangkan untuk mengadakan kegiatan penyatuan. Ini bisa menjadi tempat bagi anak-anak untuk lebih mengenal satu sama lain dan membangun ikatan persahabatan.

Beri Dukungan Emosional

Ruang untuk Berbicara

Buka ruang di mana anak dapat mengungkapkan perasaan mereka tanpa takut dihakimi. Ini bisa melalui sesi khusus atau waktu santai setelah kegiatan sekolah minggu.

Keterlibatan Orangtua

Bekerja sama dengan orang tua untuk memberikan dukungan emosional yang konsisten. Komunikasikan dengan orang tua tentang perkembangan anak dan buka kesempatan bagi orang tua untuk memberikan dukungan di rumah.

Adakan Penyesuaian dalam Metode Pengajaran

SuperTeachers dapat menyesuaikan metode pengajaran untuk memastikan setiap anak terlibat. Pertimbangkan gaya belajar yang berbeda dan berikan variasi dalam pendekatan pengajaran.

Tekankan Nilai Kasih

Dalam setiap pelajaran, tekankan nilai-nilai kasih dan penerimaan. Anak-anak perlu tahu bahwa mereka diterima apa adanya dan memiliki peran penting dalam keluarga maupun dalam gereja.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK