ARTICLE

Wed - Nov 03, 2021 / 253 / Parenting

9 Cara Orang Tua Mengajarkan Firman Tuhan Lewat Pengalaman Anak Part2

Melanjutkan pembahasan sebelumnya di PART 1, berikut cara momin mengajarkan kebenaran firman Tuhan kepada anak lewat pengalaman hidup sekaligus membentuk kepribadian mereka agar takut akan Tuhan. Superparents juga bisa melakukannya di rumah lho!

  1. Mengetahui minat mereka (Efesus 2:10)

Tuhan berbicara kepada anak-anak lewat minat mereka, dengan memberikan gambaran sekilas tentang rencana-Nya bagi hidup mereka. Contohnya seperti saat Superparents sering melihat anak bermain boneka. Ia begitu sayang dengan bonekanya dan merawatnya dengan baik. Anak ini memiliki kasih sayang yang dalam, oleh karena itu kita harus mendukungnya agar anak bisa membagikan kasihnya.

 Baca juga : 9 CARA ORANG TUA MENGAJARKAN FIRMAN TUHAN LEWAT PENGALAMAN ANAK PART1

  1. Lewat perjuangan anak (Yesaya 41:13)

Ketika anak-anak berjuang dalam hidupnya, mereka belajar mengenali penyertaan Tuhan, cara mengatasi masalah dengan berdoa, dan mendekatkan diri pada Tuhan. Superparents bisa bantu dengan menyadarkan anak, bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan mereka dalam keadaan sesulit apapun.

 

  1. Melalui hubungan mereka (Kolose 3: 13)

Perjuangan anak dalam mencari sahabat memang harus diapresiasi. Apalagi saat mereka berada di lingkungan yang mayoritas bukan orang percaya. Disinilah mereka bisa belajar mempertahankan imannya dan justru menjadi garam serta terang bagi teman-temannya.

 

  1. Melalui harta dan berkat yang mereka dapatkan (Yakobus 1: 17)

Ke-aku-an pada anak memang biasanya besar. Mereka masih belajar untuk berbagi kepada orang lain dan mengucap syukur atas berkat yang Tuhan berikan. Superparents bisa membantu anak untuk menyadarkan anak bahwa mereka telah diberi oleh Tuhan, dan kita boleh membaginya dengan orang lain yang membutuhkan. Selain itu, anak juga harus belajar bersyukur atas harapan, kegembiraan, kedamaian, dan kebaikan-Nya dalam hidup mereka selama ini.

Itulah 9 hal yang bisa kita ajarkan kepada anak sedari dini. Jika Superparents membutuhkan dukungan doa untuk pergumulan yang sedang dihadapi, Superparents bisa hubungi Sahabat24 yang siap membantu 24 jam.

Ya, SAYA MAU

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK