ARTICLE

Tue - Sep 07, 2021 / 670 / Parenting

8 Skill Anak yang Harus Dilatih Sejak Dini untuk Bekal di Masa Depan

Saat ini dunia bergerak semakin cepat. Kemampuan yang harus dimiliki juga tidak seperti dulu. Anak zaman sekarang pun cita-citanya sudah beda dengan generasi sebelumnya. Kalau ditanya mau jadi apa, jawabnya jadi youtuber, selebgram, businessman, dll. Nah tapi sebenarnya skill apa saja sih yang seharusnya anak-anak harus mulai miliki dari sekarang agar bisa menunjang masa depan mereka?

Kali ini Superbook mau membahas 8 skill penting yang perlu Superparents asah dari anak. Karena secara tidak sadar, kedelapan skill ini bisa membantu mereka nantinya saat sudah terjun ke dunia kerja.

  1. Public speaking

Memang tidak semua anak memiliki skill ini dengan sangat baik, apalagi anak yang introvert. Namun setidaknya kita asah kemampuan ini, minimal anak berani mengutarkan pendapat dan apa yang ada dalam pikirannya pada orang lain.

 Baca juga : KENAPA RUTIN MEMBACA ALKITAB ITU PENTING BAGI ANAK?

  1. Pantang menyerah

Kalau ini harus banget. Yang namanya belajar, pasti ada masa di bawah atau terjatuh. Tapi dengan kemampuan pantang menyerah, anak akan terus berani mencoba walaupun ada sedikit ketakutan untuk gagal lagi.

 

  1. Menjadi leader yang bijak

Pada kenyataannya memang tidak semua orang nantinya akan menjadi pemimpin. Tapi anak minimal harus bisa memimpin dirinya sendiri dengan baik. Barulah dia bisa memimpin banyak orang. Jangan lupa tanamkan firman Tuhan selalu ya, karena firman Tuhan adalah sumber kebijaksanaan yang paling paten Superparents!

 

  1. Percaya diri

Anak yang percaya diri akan mampu mengembangkan potensi lain dalam dirinya. Dia akan punya bibit-bibit sukses lho!

 

  1. Sabar tanpa batas dan rendah hati

Ini nggak mudah tapi bisa kok. Dengan kesabaran dan rendah hati, maka anak akan mudah dibentuk sampai mereka dewasa. Mereka nggak segan-segan terus belajar sampai mencapai hasil maksimal.

 Baca juga : SEBAGAI TEMAN, ANAK LEBIH BAIK MEMILIH JADI SOSOK YANG BAIK ATAU TULUS YA?

  1. Konsisten

Jelas untuk hal yang positif ya. Dengan konsisten anak memiliki visi yang jelas tentang tujuan hidupnya, mampu berfokus pada tujuan, bisa membuat daftar prioritas, dan mampu mengejar ketertinggalan.

 

  1. Pendengar yang baik

Anak juga perlu mampu mendengarkan orang lain. Dengan mendengar, anak berlatih lebih fokus, sabar, bisa berpikir kritis, dan membuat orang lain nyaman berhubungan dengan mereka. Dari sinilah, nantinya anak bisa mempunyai koneksi baik dengan orang lain.

 

  1. Manajemen waktu

Anak yang mampu mengatur waktu dengan baik, pasti hidupnya bisa dipakai dengan maksimal. Dia tahu waktunya belajar, bermain, mencoba segala sesuatu, dll.

Itulah 8 kemampuan yang perlu diasah oleh anak sedari dini agar mereka sukses di masa depan. Superparents terberkati dengan artikel ini, yuk share dan dukung pelayanan kami agar semakin banyak anak-anak yang mengenal kasih Tuhan, mencintai firman Tuhan dan menjadi missioner.

SAYA DUKUNG!

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK