ARTICLE

Wed - Aug 12, 2020 / 5082 / Inspirational

8 Kalimat Pujian Terbaik yang Bisa Kita Sampaikan Kepada Anak

Anak mau lahap menghabiskan makanan, dibilang ‘pintar banget’. Anak menuruti anjuran kakak, dibilang ‘terima kasih cantik/ganteng’. Anak memberi kesaksian depan kelas atau melayani di sekolah minggu, kakak bersorak ‘kamu hebat sekali’. Terkadang kita bisa dengan mudah melontarkan pujian sampai terlihat berlebihan.

Pujian dari orang tua atau orang-orang di sekitar anak sangat bermakna bagi anak. Hal itu bisa membangun sikap yang positif pada anak. Tapi sebaiknya jangan berlebihan juga ya kak. Kita bisa memuji anak sebagai ungkapan bangga kepadanya, bukan sekedar lontaran kosong tanpa ketulusan.

Pujian yang baik biasanya mampu membuat anak menjadi lebih percaya diri dan punya rasa bangga akan proses yang telah anak lewati. Lalu kalimat pujian apa saja ya yang bisa kita sampaikan kepada anak untuk meningkatkan rasa bangga dan percaya dirinya?

Baca juga : DIET ALKITABIAH AGAR TETAP AWET MUDA DAN SEHAT

“Kamu membuat pilihan yang sangat bertanggung jawab!”

Agar anak mandiri, mereka harus belajar mengambil keputusan atau pilihan dan siap menghadapi konsekuensinya. Memuji mereka akan pilihan yang diambilnya, akan membangun mereka untuk lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan kedepannya.

“Wow, kamu antusias banget ya.”

Melalui kalimat ini, kakak sedang menunjukkan bahwa ketertarikan anak terhadap hal yang sedang ia kerjakan itu akan berdampak positif pada dirinya.

“Wah kerja sama kalian bagus sekali. Kerja tim yang hebat!”

Di dewasa kelak, anak akan menghadapi berbagai kerja tim. Ia harus memiliki kemampuan bekerja sama yang baik. Memuji mereka atas kemampuan bekerja samanya akan berdampak positif pada masa depannya.

“Keren, kamu bisa menjadi contoh yang baik”

Siapa sih yang tidak mau kalau anaknya memiliki kemampuan untuk memimpin yang baik. Puji dia atas hal baik yang ingin mereka contohkan kepada sekitarnya. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya, tidak mencontek, dan lainnya.

Baca juga : MENGAPA GEREJA MEMBUTUHKAN GENERASI ANAK?

“Wow, cepat sekali mengerjakannya!”

Alih-alih cuma mengatakan ‘good job’, ‘bagus’, atau keren, lebih baik kakak mengatakan hal ini sebagai ungkapan kita bangga atas hal yang ia kerjakan.

“Hebat, kamu bisa melakukan semuanya sendiri.”

Agar anak mandiri tidak ada salahnya kita membiarkan mereka melakukan semuanya sendiri tanpa bantuan. Pujian ini akan membuat anak termotivasi untuk terus mencoba walaupun awalnya gagal.

“Terima kasih ya nak, sudah bantu papa mama / kakak.”

Anak selalu ingin menyenangkan kita. Memuji mereka karena telah membantu akan membuat anak menjadi semakin ringan tangan.

“Terima kasih sayang karena sudah mau bersabar ya.”

Sabar adalah yang yang tidak mudah apalagi untuk anak-anak. Berikan apresiasi atas keberhasilannya dalam menunggu dan mampu mengontrol emosinya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK