ARTICLE

Tue - Jul 14, 2020 / 442 / Parenting

7 Pola Asuh Awal Yang Penting dan Perlu Dilakukan Oleh Orang Tua

Masa anak-anak adalah masa emas untuk belajar banyak hal. Pada umur 0-5 tahun, otak anak bertumbuh dan berkembang sangat cepat sehingga informasi apapun akan mudah diserap. Kita sebagai Superparents bertugas untuk menambah pengetahuan mereka dan mengajarkan mereka membedakan mana yang baik dan yang buruk. Berikan teladan atau contoh yang baik dan benar karena pada usia ini anak suka meniru orang terdekatnya.

Yuk Superparents kita simak beberapa poin yang bisa jadi referensi untuk mengasuh anak:

  1. Mendidik dengan kasih

Seperti yang Tuhan Yesus ajarkan, kita harus mendidik anak dengan kasih. Karena menurut penelitian, sebuah bentakan saja bisa menyebabkan kerusakan miliaran sel otak anak yang sedang berkembang. Hindari kekerasan verbal maupun fisik yang bisa mengganggu perkembangan psikologis anak. Jika masih dilakukan, bisa saja anak menjadi kurang percaya diri, atau sebaliknya menjadi agresif.

 Baca juga : INI NIH BAHAYA KALAU ORANG TUA MEMAKSAKAN ANAK SELALU UNGGUL DAN JUARA

  1. Jadi teladan yang baik

Sebagai Superparents, kita bertugas menjadi teladan bagi anak karena mereka suka meniru, terutama tingkah laku orang tuanya. Tunjukkan perilaku yang baik, ajarkan kesopanan, ajak anak beribadah, dan mengamalkan firman Tuhan dalam kehidupan.

 

  1. Jadi pendengar yang baik

Saat mulai bisa berbicara, anak akan menceritakan apapun ke Superparents. Jadilah pendengar yang baik dan berikan respon positif agar mereka merasa dihargai dan kepercayaan dirinya tumbuh dengan baik.

 

  1. Berikan apresiasi

Pengalaman anak sangat berpengaruh pada pembentukan konsep dan citra dirinya. Ketika anak melakukan hal yang positif, berikan apresiasi berupa pujian, pelukan, dll.Tapi kalau salah, jangan terburu-buru memarahinya ya. Jelaskan hal apa yang salah dengan kelemah lembutan karena mereka masih dalam tahap belajar.

 Baca juga : BAGAIMANA CARANYA MENGAJARKAN ANAK AGAR BISA MENDENGAR SUARA TUHAN?

  1. Berikan rasa aman dan nyaman

Kedekatan dengan orang tua adalah hal yang penting dirasakan oleh anak karena akan menimbulkan rasa aman dan nyaman. Kualitas hubungan dengan orang tua akan menentukan kualitas hubungan berikutnya.

 

  1. Luangkan waktu untuk bermain bersama

Mainan mahal bukanlah yang terbaik untuk anak, tapi waktu orang tualah yang lebih berharga. Superparents bisa melakukan permainan yang melibatkan aktivitas fisik atau justru keterampilan bersama anak. Jangan mengekang mereka dengan beberapa peraturan yang justru menghalangi kreativitasnya.

 

  1. Ajarkan 3 kata ajaib

Kata maaf, terima kasih, dan tolong adalah kata yang wajib harus diajarkan kepada anak. Berikan pengertian kepada mereka, bahwa apabila ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain, maka mereka juga harus melakukannya juga. Dari cara ini, anak belajar untuk memiliki etika dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK