ARTICLE

Tue - Nov 10, 2020 / 5089 / Inspirational

7 Pahlawan di Alkitab yang Bisa Anak Teladani

Gagah berani, mampu kalahkan musuh, tidak mementingkan diri sendiri, rela berkorban, dan masih banyak sikap yang biasanya dimiliki oleh pahlawan. Termasuk tokoh yang ada di Alkitab. Mengajarkan jiwa kepahlawanan kepada anak sedari dini sangat penting untuk menumbuhkan patriotisme generasi muda. Bukan untuk melawan penjajah, tapi untuk menjadi garam dan terang bagi dunia.

Superbook sendiri punya referensi beberapa pahlawan di Alkitab yang bisa jadi teladan untuk anak-anak. Mereka adalah…

Gideon

Gideon awal mulanya merupakan seseorang yang tidak terlihat seperti pahlawan karena bersembunyi dari musuh- musuhnya yang baru menguasai Israel. Akhirnya malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Gideon. Dia dirubah dari seseorang pengecut jadi seseorang pemimpin yang pemberani. Gideon dengan setia mematuhi perintah Allah, apalagi ketika orang- orang lain meragukan kebijaksanaannya.

Dia sukses mengalahkan pasukan musuh( Midian) yang berjumlah 135. 000 orang hanya dengan kekuatan pasukan 300 orang bersenjatakan sangkakala, buyung kosong, serta obor! Mereka berhasil“ menewaskan” 120. 000 pasukan musuh( Hak. 7: 19- 25, 8: 10). Luar Biasa!

Baca juga : BAGAIMANA PENDERITAAN BISA MEMULIHKAN IMAN KITA KEMBALI?

Daniel

Daniel merupakan pribadi yang taat kepada Allah serta tekun berdoa. Dari kisahnya di dalam kitab Perjanjian Lama, kita bisa membaca kalau dia biasa berdoa dengan berlutut serta menyanjung Allah sebanyak 3 kali sehari. Karena undang- undang Raja Darius yang menetapkan hukuman mati untuk orang yang menyembah selain kepada raja, maka Daniel dilempar ke gua singa. Tuhan melindungi Daniel dari celaka, dan raja akhirnya memerintahkan semua orang wajib menyembah Tuhan Yang Hidup. Cerita Daniel selayaknya membuka mata kita bahwa terdapat kuasa luar biasa di balik ketekunan kita berdoa.

Yusuf

Yusuf merupakan buah kasih Yakub dan Rahel. Dia mengalami serangkaian proses pembentukan serta persiapan dari Allah untuk menjadikannya pemimpin dan penyelamat untuk bangsa Israel serta bangsa- bangsa lainnya. Dia menjadi orang kepercayaan dalam Istana Raja Firaun dengan jabatan sebagai Raja Muda. Kesuksesan yang diperoleh Yusuf tidaklah suatu yang jatuh dari langit begitu saja, tapi merupakan buah kesabaran dan pengendalian diri yang baik, serta merupakan bentuk kasih Allah yang tetap menyertai tiap perjalanan hidupnya. Belajar dari Yusuf, untuk menjadi pahlawan, seorang terlebih dulu harus merdeka dari keinginan dirinya sendiri. Itulah sebabnya dalam Amsal 16: 32 dikatakan kalau,“ Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.”

Daud

Daud merupakan seorang anak gembala. Dalam ayat 37, Daud menegaskan kepada Raja Saul kalau dia hendak berjuang serta mengalahkan Goliat sebab Tuhan ada di pihaknya. Hal ini menunjukkan kalau Daud mempunyai iman kepada Tuhan serta yakin kalau Ia akan menyelamatkan umat- Nya. Kemudian, di tengah- tengah pertempuran, Daud menegaskan kalau Tuhanlah yang akan menewaskan Goliat, bukan Daud.

Baca juga : BLANK SAAT MELAYANI, YUK KENALI DAN ATASI KELELAHAN SAAT MELAKUKAN PELAYANAN!

Ester

Saat itu Haman berencana untuk menewaskan seluruh orang Yahudi. Kemudian Ratu Ester memutuskan untuk membahayakan dirinya dengan datang kepada raja dan melaporkan kalau dia merupakan seorang Yahudi serta tidak tinggal diam sementara orang- orang Yahudi dibunuh. Cerita Ester mengarahkan kepada kita untuk melakukan hal yang benar meski harus berani berkorban.

Musa

Musa merupakan seseorang yang dipilih Tuhan buat memimpin bangsa Israel lepas dari perbudakan di Mesir. Meski tadinya Musa selalu merasa dirinya tidak sanggup, tetapi akhirnya dengan dorongan serta bimbingan Tuhan, ia berani dan menjadi pemimpin atas bangsa Israel. Tuhan menolong Musa dengan menunjukkan kuasa-Nya melalui tulah- tulah, perjalanan keluar dari Mesir, dan terbelahnya Laut Merah.

Yesus

Tidak dapat dipungkiri pahlawan untuk seluruh umat manusia adalah Tuhan Yesus Kristus. Dia yang begitu sangat mengasihi manusia, rela turun ke dunia demi menebus dosa umat manusia. Kepahlawanannya dilambangkan dengan kasih sayang serta pengorbanan di kayu salib. Dia ingin bahwa semua yang percaya kepada- Nya melaksanakan hal yang sama, yaitu terus memberikan kasih kepada semua orang serta percaya kepada- Nya.

Sebenarnya pahlawan yang terdapat di Alkitab masih sangat banyaaakkkk sekali. Masih ada Nuh, Yusuf, Nehemia, Paulus, dan banyak lagi. Nah ini pahlawan versi Superbook ya, kalau pahlawan Alkitabmu yang mana ya? Boleh kamu komen di bawah ya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK