ARTICLE

Tue - Oct 31, 2023 / 482 / Sunday School

6 CARA ATASI ANAK SEKOLAH MINGGU YANG TERLALU AKTIF

Ketika kakak-kakak menghadapi tantangan anak-anak yang sangat aktif dalam kelas sekolah Minggu, penting untuk memahami kiat-kiat yang efektif untuk menciptakan hubungan positif dan memengaruhi perilaku mereka. Kakak dapat mencoba cara-cara sederhana ini untuk mengatasi anak-anak dengan kasih dan pemahaman yang benar:

1. Kenali dan pahami motivasi mereka

Anak yang aktif dapat memiliki berbagai sifat, seperti tidak kooperatif, mengganggu, keras, atau kasar. Terkadang mereka mencari perhatian dengan cara yang salah. Mereka ingin perhatian positif, tetapi seringkali dengan cara yang negatif. Oleh sebab itu, kakak-kakak dapat mengenali karakter anak terlebih dahulu, sehingga dapat memahami motivasi mereka.

2. Jangan melihat mereka sebagai lawan

Meskipun melelahkan, jangan pernah menganggap anak-anak ini sebagai lawan. Ingatlah bahwa anak yang aktif juga butuh kasih dan perhatian. Mereka tidak berbeda dari anak-anak lain yang membutuhkan untuk disayangi.

3. Dampak pada pelayanan

Perilaku anak yang aktif dapat memengaruhi anak-anak lain dan rencana aktivitas yang akan dilakukan di kelas sekolah Minggu. Sebaiknya, kakak-kakak menyiapkan rencana atau materi mengajar cadangan yang bisa disesuaikan dengan kondisi anak-anak.

 

BACA JUGA: DEAR SUPERPARENTS, LAKUKAN 6 HAL INI AGAR ANAK MAU DITINGGAL DI KELAS SEKOLAH MINGGU

 

4. Tidak sembarangan memberi hukuman

Menghukum anak-anak yang aktif dengan cara biasa tidak akan memecahkan masalah. Pertimbangkan cara-cara positif untuk menghadapi mereka.

5. Fokus pada perilaku positif

Fokus pada perilaku positif anak dan berikan perhatian positif. Libatkan anak-anak yang aktif dengan memberikan tugas khusus. Sesekali, kakak bisa memberikan perhatian lebih di luar kelas jika diperlukan.

6. Demonstrasi Kasih Kristus

Jangkau anak-anak yang aktif dengan kasih dan kesabaran. Ingatkan diri kakak-kakak untuk selalu berdoa. Akhirnya, kakak dapat fokus pada setiap anak secara individu dan berikan perhatian positif. Jangan melihat mereka sebagai masalah, tetapi sebagai anak-anak yang membutuhkan cinta dan perhatian.

BACA JUGA: AJARKAN 5 HAL INI DI SEKOLAH MINGGU AGAR ANAK TIDAK TAKUT HANTU

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK