ARTICLE

Mon - Sep 10, 2018 / 543 / Parenting

5 Sayuran Sumber Kalsium. Ternyata Bukan Hanya Susu Loh Mom!

Kalsium memiliki banyak manfaat bagi tulang dan gigi. Bukan hanya itu saja, imun tubuh, kecerdasan otak, metabolisme, dan tinggi badan juga merupakan peranan kalsium di dalam tubuh. Jadi pada masa pertumbuhan, anak wajib mengonsumsi kalsium untuk membantu proses pertumbuhan mereka.

Sampai sekarang sebagian besar pemikiran orang, asupan kalsium terbesar terdapat dari susu. Memang benar sih. Tapi bagaimana jika anak Super Parents alergi susu? Jangan khawatir. Ternyata ada beberapa jenis sayuran yang mengandung kalsium. Berikut ini beberapa sayuran yang bisa Super Parents sajikan kepada anak untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

Sawi Hijau

Sumber: Aspehorti Bali

Satu cangkir sayuran sawi hijau matang mengandung 268 miligram kalsium, sesuai dengan kebutuhan kalsium harian. Sayur ini juga kaya vitamin A.

Brokoli

Sumber: Hello Sehat

Dua gelas mentah brokoli mengandung 86 miligram kalsium. Brokoli termasuk jenis sayuran super yang sangat kaya nutrisi. Selain kalsium, brokoli juga mengandung hampir dua kali vitamin C buah jeruk.

Edamame

Sumber: Dr. Oz

Sayuran sejenis kacang-kacangan ini berasal dari Jepang. Kandungan kalsium dalam secangkir edamame matang adalah 98 miligram. Edamame juga kaya protein non hewani, kaya serat dan mengandung asam amino esensial.

Bok Choy

Sumber: Wasabi

Bok choy lebih dikenal dengan kubis atau sawi Jepang. Kandungan kalsium yang terdapat dalam secangkir bok choy adalah 74 miligram. Bok choy juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan potassium yang berguna untuk kontraksi dan relaksasi otot.

Okra

Sumber: Daily Monitor

Kandungan kalsium okra adalah 82 miligram per 1 gelas. Sayangnya banyak orang yang tidak menyukainya karena rasanya berlendir. Padahal selain mengandung kalsium, okra kaya serat tidak larut yang berguna melancarkan buang air besar.

Jadi tidak ada masalah dalam memenuhi asupan kalsium si kecil kan, Super Parents? Ajak anak terbiasa mengkonsumsi sayuran sedari kecil agar pertumbuhannya maksimal.

Sumber: Parenting

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK