ARTICLE

Thu - Sep 10, 2020 / 313 / Parenting

5 Keluhan Anak Tentang Orang Tua dan Gereja yang Perlu Kita Ketahui!

Rasanya kita sudah menjadi orang tua yang baik untuk anak-anak kita, tapi kenapa mereka masih saja tidak mau menurut bahkan memberontak ya? Tidak sedikit pertanyaan seperti itu terlintas di pikiran kita sebagai orang tua. Kita merasa sudah memberikan yang terbaik, tetapi ternyata anak berpikir hal itu masih kurang. Ternyata ada banyak keluhan anak yang tidak kita ketahui dan justru dipelajari agar menjadi orang tua lebih baik.

Kali ini Superbook bersama Pdt. Dr. Julianto Simanjuntak, MDiv, MSi telah merangkumkan keluhan anak-anak ini. Simak yuk apa saja keluhan mereka di bawah ini:

  1. Budaya gereja atau orang tua munafik, membosankan, dan menghakimi

Ketiga hal inilah yang membuat anak-anak menjadi malas pergi beribadah dan berdoa. Ini terjadi karena mereka melihat apa yang terjadi di dalam gereja tidak sama dengan kenyataan di luar. Misalnya, papa mama terlihat alim dan sopan di gereja, tapi ketika sudah di rumah mereka gemar bertengkar, berkata kasar, dan lainnya. Kothbah terlalu monolog dan isinya terkesan menghakimi, menyalahkan, menyudutkan sehingga anak tidak menemukan sesuatu yang menyenangkan di gereja.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENCEGAH ANAK MENJADI PEMBERONTAK YANG HARUS ORANG TUA TAHU

  1. Kurangnya teladan dari orang tua dan gereja berdasar pada Firman Tuhan

Apabila orang tuanya terus menerus meminta anaknya untuk belajar dan membaca buku, tapi mereka tidak pernah melihat orang tuanya membaca buku atau menemaninya belajar, bagaimana mereka bisa melakukannya tanpa keterpaksaan. Yang anak lihat orang tua justru lebih gemar memegang gadgetnya

 

  1. Orang tua terlihat miskin pengetahuan

Orang tua yang sulit diajak diskusi membuat anak mencari tahu dari hal yang ada di sekitarnya. Akhirnya mereka mencari tahu ke internet atau temannya via media sosial. Sayangnya tidak semua jawaban yang mereka dapatkan benar. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk terus upgrade pengetahuan dan kemampuan.

 

  1. Minim pendampingan

Anak-anak generasi ini seringkali mendapatkan pendampingan yang minim. Mereka belajar, menonton, dan melakukan hal lainnya sendiri. Jarang sekali orang tua zaman sekarang ada yang membudayakan makan bersama, menonton bersama, ngobrol bersama. Ini semua karena orang tuanya terlalu sibuk, sehingga anak merasa kesepian.

 Baca juga : SURAT PENTING UNTUK PARA ORANG TUA YANG MEMBUAT HATI ‘MAK JLEB’

  1. Orang tua dan gereja lupa menginjil dan memuridkan anak

Inilah hal yang paling tidak sadar kita lakukan. Mereka perlu mengenal dan merasakan hidupnya bersama Tuhan itu sedari dini. Bagaimana karakternya bisa terbentuk dengan baik kalau kita sendiri tidak sempat mengajarkannya firman Tuhan dan membimbing mereka ke jalan yang benar?

Itulah 5 hal yang seringkali dikeluhkan oleh anak tentang orang tua dan gereja. Sepatutnya kita gunakan 5 hal ini sebagai acuan agar tidak melakukannya dan memperbaiki cara mendidik anak-anak kita. Kiranya artikel ini bisa memberkati kita semua, dan mari sebarkan kabar baik ini dengan share kepada orang terkasih Anda.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK