ARTICLE

Fri - Jul 19, 2019 / 8004 / Sunday School

5 Ide Acara Keren Sekolah Minggu untuk Anak-anak dan Keluarga

Weekend adalah saat yang tepat untuk family time! Hehe… Setelah SuperParents sibuk bekerja dan anak-anak belajar di sekolah, kenapa tidak memakai waktu akhir pekan ini untuk melakukan hal-hal menyenangkan bersama keluarga. Nah kakak guru sekolah Minggu juga bisa lho memanfaatkan akhir pekan ini sebagai ajang kedekatan orangtua dengan anaknya di sekolah Minggu.

Ini merupakan cara bagaimana gereja memfasilitasi para keluarga untuk semakin intim dan merasakan kasih Tuhan.

Baca juga : INILAH CARA SEDERHANA MENGGANDAKAN JUMLAH ANAK SEKOLAH MINGGU DI GEREJA

1.Bancakan atau Liwetan

Sumber : Airy Rooms Blog

Biasanya tradisi ini masih bertahan nih di daerah pedesaan. Kakak guru bisa memanfaatkan tradisi ini sambil memberitakan Firman Tuhan kepada keluarga yang hadir. Salah satu caranya bisa dengan setiap keluarga membawa lauk yang akan disantap saat bancakan atau liwetan.

Sebelum makan, kakak bersama anak-anak bisa mementaskan drama Alkitab yang telah anak pelajari sebelumnya. Setelah itu setiap keluarga bisa mendoakan pergumulannya bersama, sebelum akhirnya menyantap makanan beramai-ramai.

 

2. Permainan Membangun Komunitas

Sumber: Math for Love

Kakak bisa membuat sebuah kartu domino yang besar berukuran 1 x 2 m dari karton yang cukup tebal. Buatlah garis di tengah karton dan berikan beberapa lingkaran kecil di masing-masing sisinya. Misalnya ada yang di sisi kanannya 6 lingkaran dan sisi lainnya 3 lingkaran. Buatlah beberapa domino dan sediakan domino yang mempunyai sisi kosong (tidak ada lingkarannya)

Baca juga : ABADIKAN KEGIATAN SEKOLAH MINGGU DENGAN MEMBUAT VIDEO YANG MUDAH DAN KEREN

Cara bermainnya: sebarkan dominonya di lantai, lalu mulailah sebuah lagu. Seluruh keluarga yang hadir wajib ikutan bermain dan mulai mengelilingi domino di lantai. Ketika lagunya berhenti, mereka harus menaruh salah satu ujung kakinya di lingkaran domino. Nah bagian domino yang kosong, bisa memuat sebanyak-banyaknya orang yang tidak mendapatkan lingkaran. Permainan ini pasti seru banget karena setiap keluarga akan berlomba-lomba untuk membantu anggota keluarganya mendapatkan lingkaran.

 

3. Memasak Bersama

Kakak bisa menyediakan bahan masakan yang mudah dimasak bersama keluarga di sekolah Minggu. Lalu kakak bisa ajak setiap keluarga memasak bersama dengan bahan-bahan tersebut. Setelah itu, sambil makan kakak atau gembala/ pendeta bisa menyampaikan firman Tuhan yang berhubungan dengan “makan bersama”. Misalnya tentang kisah “Perkawinan di Kana”, “Perjamuan Terakhir”, dan cerita Alkitab lainnya.

 

4. Talent Show

Sumber : Youtube

Ajaklah setiap anak untuk mempersiapkan talent show bersama keluarganya. Contohnya seperti menyanyi, drama, panggung boneka, dll. Setelah itu, mereka akan mempersembahkannya dan keluarga lainnya menikmatinya.

 

5. Fun Run

Sumber : YouTube

Nah ini nih acara yang seru dan keren banget untuk dilakukan bersama keluarga. Kakak guru sekolah Minggu juga bisa nih mengajak anak-anak beserta keluarganya untuk berolah raga bersama sambil  mendukung pelayanan penginjilan di generasi ini. Caranya mudah, tinggal daftar ke link https://www.superbookindonesia.com/cbnfunrun/ dan persiapkan diri seunik mungkin dengan berbagai atribut keren.

DAFTAR DISINI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK