ARTICLE

Wed - Mar 24, 2021 / 571 / Parenting

5 Hal Penting dari Minggu Palma yang Harus Anak Pelajari

Masih membahas tentang minggu palem, SuperParents pernah nggak menjelaskan kepada anak bahwa momen ini juga penting untuk diingat dan dirayakan mereka. Lho kenapa Momin? Karena ini adalah hari dimana Tuhan Yesus masuk ke Yerusalem dan disambut sebagai Juruselamat serta Raja.

Saat itu Yesus menunggangi seekor keledai, lalu orang-orang di kota itu berkumpul untuk melambaikan dan menaruh daun palem untuk menyambut-Nya, serta menaruh jubah yang mereka kenakan di jalan. Ketika itu semua orang berseru dan bersorak, 'Hosana kepada Anak Daud! Berbahagialah dia yang datang dalam nama Tuhan! Hosana di surga tertinggi!'  

Baca juga : SUDAH TAHU BELUM, TERNYATA INI PERBEDAAN PASKAHNYA ORANG YAHUDI DENGAN KRISTIANI

Melalui kisah ini, anak bisa belajar lima hal tentang Minggu Palem yang mengingatkan mereka bahwa Yesus Kristus adalah Raja diatas segala raja:

  1. Palem = melambangkan kebaikan dan kemenangan (1 Kor 15:55)

Orang-orang memotong ranting-ranting pohon palem, melambai-lambaikannya, dan meletakkannya di jalan di hadapan Yesus saat Ia masuk ke kota. Cabang palem melambangkan kebaikan dan kemenangan dan merupakan simbol dari kemenangan akhir yang akan segera Ia penuhi atas kematian.

 

  1. Yesus memilih untuk naik keledai (Zakaria 9:9)

Yesus melakukan itu untuk memenuhi nubuatan Perjanjian Lama. Keledai melambangkan perdamaian, jadi mereka yang memilih untuk menungganginya menunjukkan bahwa mereka datang dengan niat damai. Yesus bahkan kemudian mengingatkan kita bahwa Dia adalah Raja Damai.

 

  1. Hosana! (Mazmur 118:26 dan Roma 10:9)

Secara harafiah, hosana berarti 'Saya memohon tolong selamatkan saya!' atau 'Tolong selamatkan kami!' Akar dari istilah Ibrani ini ditemukan dalam Mazmur 118:25, yang berkata, ' Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan!' Kata Ibrani yasha ('selamatkan') dan anna ('memohon, mengemis'). Jika digabungkan akan menjadi istilah yang diterjemahkan sebagai 'hosana.'

Meskipun dalam pikiran orang-orang saat itu, mereka menunggu raja duniawi, Tuhan memiliki cara berbeda yaitu  membawa keselamatan sejati bagi semua yang percaya kepada-Nya. Seruan itu tidak salah. Mereka sedang mengakui Yesus sebagai Mesias mereka, sebagaimana tampak dari julukan 'Anak Daud' yang mereka gunakan bagi-Nya. Mereka berseru meminta diselamatkan dan menyadari bahwa Ia dapat menyelamatkan mereka.

 Baca juga : SERBA SERBI TENTANG MINGGU PALMA YANG HARUS KITA KETAHUI DAN SAMPAIKAN KEPADA ANAK

  1. Yesus menangisi Yerusalem (Lukas 19:41-42)

Walaupun Yesus sedang disanjung, Dia tahu bahwa tidak lama lagi orang-orang yang sama ini akan berpaling dari-Nya, mengkhianati-Nya, dan menyalibkan-Nya. Hatinya hancur dengan kenyataan betapa mereka sangat membutuhkan seorang Juruselamat.

 

  1. Pemerintahan Kristus = luar biasa besar (Yohanes 11:25)

Manusia mencari seseorang untuk penyelamat mereka di dunia saat ini. Namun rencana Tuhan lebih besar daripada pemikiran manusia. Ia mengutus Putra-Nya tunggal-Nya untuk bertempur melawan kuasa jahat yang ada di dunia. Inilah alasan mengapa kita merayakan minggu ini. Karena pengorbanan Kristus, kita dapat dibebaskan dari kematian.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK