ARTICLE

Mon - Jun 14, 2021 / 1768 / Parenting

12 Sikap Anak yang Tidak Boleh Diabaikan dan Harus Diubah Oleh Orang Tua

Mendidik anak memang bukanlah perkara yang mudah. Pasti ada aja perilaku mereka yang membuat kita gemas dan tak jarang jadi geram. Kalau anak punya perilaku negatif, sebaiknya jangan diabaikan. Bahaya kalau anak menjadi keterusan dan akhirnya menjadi kebiasaan, jadi lebih sulit lagi mengubahnya. Lebih baik sedari dini kita bisa menyadarkannya, sebelum semuanya terlambat.

Secara tidak sadar memang kita kadang mengabaikan beberapa sikap anak karena kita mengira memang itulah adanya anak-anak, ‘ada nakalnya’. Tapi yuk kita kenali sedari dini perilaku anak seperti apa sih yang tidak seharusnya kita abaikan.

Baca juga : CARA MEMAAFKAN ORANG TUA DAN MENYEMBUHKAN LUKA MASA KECIL AGAR TIDAK MENURUN KE ANAK

1. Suka memotong pembicaraan orang lain

2. Mengambil barang milik orang lain tanpa izin pemiliknya

3. Sering berpura-pura tidak mendengar saat orang tua memanggilnya

4. Berkata bohong

5. Bersikap kasar saat bermain

6. Berkata tentang fisik orang lain sebagai bahan bercanda

7. Kecanduan gadget

8. Sering membantah orang tua

9. Mencuri

10. Tidak menghargai orang lain

11. Berbicara tidak sopan dan kasar kepada orang lain

12. Selalu meminta sesuatu dengan cara merengek

Sebagai orang tua, Superparents memiliki tanggung jawab mendidik anak agar mereka bertumbuh dengan baik. Anak harus memiliki nilai-nilai yang serupa Kristus, tanggung jawab, dan menghormati kehidupan yang telah Tuhan berikan kepada mereka.

Baca juga : 5 HAL YANG MEMBUAT ANAK MENGALAMI TRAUMA MASA KECIL DAN BERDAMPAK PADA MASA DEPANNYA

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita tidak perlu memaklumi anak secara berlebihan. Memang ada kalanya saat anak berbuat salah, harus didisiplinkan juga agar mereka tau resiko dari perbuatannya.

Terberkati dengan artikel ini? Mari share dan bagikan kepada orang tua yang lainnya dengan klik tombol share di bawah ini.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK