ARTICLE

Thu - Apr 04, 2019 / 889 / Sunday School

5 Cara Menyampaikan Kisah Penyaliban Kristus Kepada Anak Sekolah Minggu

Kisah penyaliban Tuhan Yesus Kristus adalah bagian penting dari Paskah. Lalu bagaimana kita bisa berbagi dengan anak sekolah Minggu agar mereka memahami apa yang terjadi dan pentingnya poin ini tanpa membebani mereka? Daripada pusing-pusing Super Teacher, yuk simak 5 cara bagaimana kita berbicara kepada anak-anak tentang hal penyaliban ini.

1. Sesuaikan dengan umur mereka

Inilah cara mudah untuk memulainya – jangan berfokus pada hal-hal yang sulit dimengerti anak saat seusianya. Untuk anak yang masih kecil, berfokuslah pada hasil wafatnya Tuhan Yesus, seperti penebusan dosa, keselamatan, ll dibandingkan menceritakan kisah penyalibannya secara detail.

Baca juga : 5 IDE KREATIF UNTUK MELIBATKAN ANAK DALAM IBADAH DEWASA

2. Hati-hati dengan kata-katamu

Lisa Strand pernah menulis sebuah artikel yang menceritakan bagaimana bercerita kepada anak-anak tentang penyaliban Kristus. Ia mengatakan, “Gunakan bahasa yang mudah dimengerti anak, dan mulai bicarakan tentang apa yang terjadi kepada Kristus saat Jumat Agung. Ingat, tidak perlu terlalu banyak grafis yang detail untuk menyampaikan tindakan kasih dan pengorbanan-Nya.”

 

3. Jelaskan tentang dosa

Saat kita membahas wafatnya Tuhan Yesus, hal ini akan berkaitan dengan dosa. Tanpa pengertian tentang dosa, anak-anak tidak bisa menghargai pentingnya apa yang Yesus lakukan untuk kita saat Jumat Agung dan Paskah. Super Teacher bisa menjelaskan bahwa dosa adalah kesalahan yang kita lakukan (baik besar maupun kecil). Ingatkan kembali bahwa Kasih Yesus itu sempurna.

Baca juga : TRIK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI KELAS SEKOLAH MINGGU

4. Terbuka untuk pertanyaan

Mungkin Super Teacher sudah sering mendengar tentang Paskah, tapi bagaimana dengan anak-anak. Jadi siapkan diri kakak untuk menjawab pertanyaan anak-anak ya. Tenang kak, pikirkanlah pertanyaan yang hanya mungkin anak-anak tanyakan dan jangan takut salah menjawabnya. Jika bingung, kakak bilang saja akan menjawabnya minggu depan sambil mencari tahu jawabannya.

 

Sumber: thedatingdivas.com

5. Be Creative

Berikan anak-anak sticky note dan mintalah mereka menuliskan kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan, lalu ditempel di tubuh mereka sendiri. Kemudian kakak datang dan ambil kertas-kertas tersebut lalu ajaklah anak berdoa bersama untuk pengampunan dosa mereka.

 

Mau sekolah Minggu kakak semakin seru dan kreatif? Yuk segera klik ke link dibawah ini.

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK