ARTICLE

Wed - Nov 18, 2020 / 664 / Inspirational

5 Cara Melihat dan Menghadapi Masalah Secara Efektif Seperti Yakub

Semua orang punya masalah, bahkan anak-anak pun juga punya permasalahan dan pergumulan mereka masing-masing. Namun kita sepakat kalau Tuhan lebih besar dari masalah yang sedang kita alami kan? Atau kamu masih belum sepenuhnya percaya bahwa masalahmu bisa Dia angkat begitu rupa?

Dalam Kitab Kejadian 32: 24-30 diceritakan tentang pergumulan yang Yakub alami. Dari sinilah kita bisa belajar banyak hal lho. Seringkali saat pergumulan atau masalah datang, kita menjadi takut dan berusaha mengatasinya sendiri. Kita sampai lupa bahwa ada Allah yang bisa memampukan kita untuk mengatasi permasalahan tersebut. Lalu apa lagi yang bisa kita pelajari?

Baca juga : AJAK ANAK MENONTON DRAMA KOREA INI UNTUK MENGENALKANNYA TENTANG DUNIA PEKERJAAN

  1. Tuhan seringkali melumpuhkan seluruh kekuatan yang kita andalkan untuk menyelesaikan masalah.

Jika kita baca pada ayat 25, “Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.” Sendi pagkal paha adalah tumpuan kekuatan manusia untuk dapat berdiri. Dalam hidup hal ini bisa menggambarkan uang, hubungan, koneksi, jabatan, dan lainnya. Terkadang Tuhan melumpuhkan itu semua agar kita berbalik dan kembali bertumpu kepada-Nya. Masalah ada bisa saja untuk mengingatkan kita akan kuasa Tuhan dalam hidup kita.

 

  1. Setiap masalah ada batas waktunya.

Di ayat 26 disebutkan, “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Setiap masalah pasti ada batas waktunya. Ketika kita mampu menghadapinya bersama Tuhan sampai akhir batas waktunya, maka jalan keluar akan mulai terlihat.

 

  1. Masalah mengubah hidup kita

Lanjut ke ayat 28, “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” Tuhan juga mengubah hidup dan karakter kita lewat permasalahan yang kita hadapi. Tuhan mengubah yang malas menjadi rajin, sombong menjadi rendah hati, pelit menjadi dermawan, dan lainnya. Tinggal bagaimana kita mau belajar dan mempertahankan didikan-Nya.

 Baca juga : TAHAPAN MENGAJARKAN ANAK UNTUK BISA MEMAAFKAN DAN MENGAMPUNI ORANG LAIN

  1. Setelah masalah berlalu, pasti ada berkat

Pada ayat 29 diceritakan, “Bertanyalah Yakub: 'Katakanlah juga namamu. Tetapi sahutnya: 'Mengapa engkau menanyakan namaku? Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.” Ayat ini menggambarkan bahwa masalah yang terjadi itu ada untuk mempersiapkan kita dalam menerima berkat Tuhan. Masih ingat dengan kisah Ayub? Ayub juga melewati berbagai macam masalah yang luar biasa dalam hidupnya. Setelah ia “lulus”, Tuhan kembali memberkatinya bahkan melimpah-limpah.

 

  1. Lewat masalah, kita bisa melihat Tuhan

Dan yang terakhir, ayat 30 disebutkan, “Aku telah melihat Allah berhadapan muka,  tetapi nyawaku tertolong!” Melalui masalah kadang kita bisa “melihat” dan merasakan kuasa Tuhan nyata dalam hidup.

Jadi jika kamu saat ini sedang memiliki masalah dan sudah mengerahkan segenap kekuatan, pemikiran, dan apapun yang kamu punya, janganlah menyerah ya. Cobalah libatkan Tuhan dalam hidupmu dan berjalanlah bersama Dia.

Sumber : Jawaban.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK