ARTICLE

Tue - Mar 30, 2021 / 940 / Parenting

5 Cara Kreatif Merayakan Paskah di Rumah Bersama Keluarga

Momen Paskah adalah momen yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh setiap kita, umat Kristiani. Ini adalah waktu dimana kita memperingati karya penebusan dan kebangkitan Yesus yang menandakan kemenangan atas maut. Walaupun masih belum bisa ibadah di gereja, kita tetap bisa merayakannya di rumah bersama keluarga lho! Kita dapat membuat Paskah ini menjadi hari yang berkesan bagi setiap anggota keluarga.

Ada 3 cara sederhana untuk menyambut Paskah di keluarga:

1. Lakukan saat teduh bersama dengan topik spesial Paskah.

Pakailah beberapa hari menjelang Paskah ini dengan bersaat teduh lewat topik-topik seputar kematian hingga kebangkitan Tuhan. Mengingat ini melakukannya bersama dengan anak, gunakan kata-kata yang sederhana dan ambil satu bagian menarik agar anak tidak menanggap ini sesuatu yang membosankan dan urusan orang dewasa.

Baca juga : TIPS AGAR ANAK PUNYA KOMITMEN KUAT DALAM MENGHIDUPI FIRMAN TUHAN

2. Putar lagu-lagu seputar Paskah.

Di rumah dan bahkan di saat berkendara dengan mobil, putarlah lagu-lagu yang berkenaan pengorbanan Yesus, kebangkitan Tuhan Yesus, kemenangan kita atas dosa, dan kuasa Yesus. Lagu-lagu ini tidak hanya akan memperkuat iman, tetapi juga mengingatkan kita akan kasih dan kuasa Tuhan. Menariknya, lagu adalah media yang bisa memasukkan pesan tanpa orang yang kita tuju merasa dipaksakan untuk menerimanya. Jika kita ingin anak-anak pun belajar dan memahami akan kasih, kuasa, dan bahkan karya Tuhan Yesus, cara ini adalah tepat untuk digunakan sebagai media penyampainya.

3. Buat proyek rencana Paskah bersama sebagai satu keluarga.

Keluarga adalah keluarga. Faktor keseruan tetap harus ada di dalamnya. Menata teka-teki bergambar, mewarnai gambar, dan mendongeng adalah aktivitas yang bisa dilakukan para orangtua bersama anak-anak di rumah. Akan lebih bagus lagi, jika kamu dan pasangan sebagai orangtua memiliki aktivitas out of the box dari yang pernah ada. Realisasikan itu dan mulai gulirkan ide tersebut kepada sang anak.

4. Menghias dan mencari telur Paskah di sekitar rumah.

Supaya makin seru, anak bisa berkegiatan bersama orang tua dengan mencari telur Paskah yang sebelumnya Superparents umpetin. Kalau sudah ketemu, ajak mereka untuk menghiasnya bersama. Jangan lupa, abadikan momen ini dengan berfoto bersama karya mereka.

Baca juga : TIPS DAN LANGKAH MENGABARKAN BERITA DUKA KEPADA ANAK SECARA ALKITABIAH

5. Video call/ conference dengan keluarga besar atau jemaat gereja lainnya.

Karena masih tidak memungkinkan tatatp muka dengan banyak orang, Superparents bisa menelepon anggota keluarga lain atau ikut Zoom dengan jemaat gereja lainnya sambil merayakan Paskah bersama. Selain bisa mengetahui kondisi keluarga lain, hubungan komunikasi kita tetap terjalin baik walau terpisah jarak.

Jangan lewatkan Paskah kali ini dengan biasa-biasa saja. Bergembiralah di dalamnya, bersama dengan seluruh orang yang kamu kasihi tanpa terkecuali. Superparents juga bisa mengajak anak untuk #BeraniBergerak jadi berkat bagi teman-teman di sekitarnya lho!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK