ARTICLE

Mon - Mar 23, 2020 / 582 / Inspirational

5 Cara Ampuh Agar Bisa Belajar dan Bekerja Secara Produktif Selama WFH

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus mengambil langkah untuk menghimbau warganya melakukan social distancing. Nah, karena social distancing inilah, anak-anak belajar dan orang tuanya bekerja di rumah. Tapi setelah seminggu melakukan WFH (Work From Home), ternyata nggak mudah juga ya. Kalau di rumah jadi banyak distraksi alias gangguan.

Kalau anak-anak, godaannya bisa gadget, televisi, games, dan lainnya. Sedangkan orang tuanya bisa jadi malah sibuk mengurusi urusan rumah tangga, eh sampai lupa pekerjaan kantornya belum selesai. Akibatnya lembur deh di rumah sendiri. Supaya Superparents, Super Teacher, dan adik-adik bisa WFH dengan nyaman, ini nih kiatnya:

  1. Pilih tempat belajar atau bekerja yang nyaman di rumah

Pastikan kalau tempat belajar atau bekerja kamu itu nyaman, pencahayaannya cukup, dan punya temperatur udara yang sejuk. Tapi hati-hati jangan terlampau nyaman juga sih, nanti malah ketiduran. Hehehe.. Agar bisa semakin semangat belajar atau bekerja, boleh juga lho pakai seragam atau pakaian kerja. Memang aneh sih, tapi bisa menimbulkan rasa profesionalitas walaupun kondisinya di rumah.

 Baca juga : ALASAN KENAPA KITA DIHIMBAU PEMERINTAH AGAR 14 HARI DI RUMAH, YUK PATUH!

  1. Lancar komunikasi jarak jauh

Kalau ada tugas yang membingungkan atau tidak mengerti sebaiknya tanyakan kepada guru daripada harus menerka-nerka sendiri. Guru juga sebaiknya memberikan arahan yang baik kepada anak muridnya supaya proses belajar anak tetap berjalan dengan baik.

Hal ini berlaku juga dengan para orang tuanya ya. Kita harus mampu berkomunikasi dengan atasan agar mereka bisa mengetahui apa saja yang kita kerjakan di rumah. Bisa dengan menggunakan email, chatting, ataupun meeting lewat aplikasi yang mendukung. Semakin cepat respon yang kita berikan, tentunya semakin baik kan?

 

  1. Membuat list tugas dan pekerjaan

Untuk menghindari adanya gangguan, buatlah daftar prioritas dan target yang akan dikerjakan. Mulai dari yang paling mendesak sampai tugas pendukung. Dengan membuat list tugas ini, kita bisa semakin fokus dan berkomitmen menjalankan semuanya dengan baik.

 Baca juga : INILAH CARA AGAR TIDAK TERTULAR DAN MENULARKAN CORONA YANG PERLU DIKETAHUI

  1. Tentukan waktu belajar atau bekerja dan beristirahat

Tetapkan waktu supaya semua tugas bisa diselesaikan secara maksimal dan usahakan jangan terganggu smartphone ya saat belajar maupun bekerja. Tentukan juga jam sarapan dan makan siang supaya energi kita bisa diisi serta kembali produktif.

 

  1. Tetaplah belajar atau bekerja secara disiplin dan bertanggung jawab

Yuk kita jalani WFH ini dengan disiplin, profesional, dan berintegritas. Walaupun di rumah tetap hasilnya sama seperti saat bersekolah dan berkantor. Bahkan kalau bisa lebih efektif lagi.

Mari kita doakan terus agar Indonesia dan negara lainnya bisa cepat pulih dan terbebas dari Covid 19 ini. Tuhan memberkati kita semua dan teruslah jaga kebersihan serta kesehatan ya..Semangaat!!!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK