ARTICLE

Fri - Mar 03, 2023 / 1777 / Parenting

4 Manfaat Melatih Anak untuk Berani Bersaksi Tentang Tuhan ke Orang Lain

Banyak manfaat melatih anak untuk berani bersaksi tentang Tuhan Yesus, bahkan tidak jarang dari anak-anak lain yang memiliki keinginan kuat untuk mengenal lebih dekat lagi dengan Yesus berawal dari mendengarkan kesaksian-kesaksian, hal ini yang menjadi penting untuk para orang tua terus mendukung dan melatih anak untuk berani bersaksi.

Bersaksi dalam Kristen memiliki arti memberikan kesaksian, informasi betapa banyaknya pertolongan dan kebaikan Tuhan, berita kebenaran Tuhan, dan kabar baik mengenai injil Yesus Kristus kepada orang yang tidak percaya dapat membuat mereka yang mendengarkannya berani mengambil satu langkah lebih dekat kepada Yesus Kristus. Itulah mengapa orang tua perlu mendukung anaknya karena memiliki banyak manfaat melatih anak untuk berani bersaksi tentang Tuhan Yesus.


Manfaat melatih anak untuk berani bersaksi tentang Tuhan Yesus pun memiliki tujuan untuk orang dapat lebih mengenal Yesus, menjadi percaya kepada Yesus bahkan menjadi salah satu saksi Kristus. Seperti yang tertulis dalam 1 Yohanes 1 : 2-3.

“Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.”

 

Baca Juga: KENAPA KEPEMIMPINAN ANAK PERLU DIPUPUK SEJAK KECIL?

 

Walaupun untuk bersaksi memiliki tantangan tersendiri terlebih rasa takut di dalam diri kita untuk berbicara di depan banyaknya orang tentang injil Yesus Kristus. Berikut manfaat melatih anak untuk berani bersaksi tentang Tuhan Yesus, seperti yang tertulis di dalam 1 Korintus 9 : 16,

“karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan injil.”

1. Memiliki gaya hidup yang berbeda dari gaya hidup dunia

Dalam kondisi ini anak dapat memiliki gaya hidup yang mengedepankan Tuhan Yesus daripada duniawi yang saat ini banyak sekali perilaku dan ucapan yang jauh dari ajaran Kristus. Dalam bersaksi bukan hanya sekedar kata-kata tentang pertolongan Tuhan, tetapi menyampaikan tentang berita kesaksian injil Yesus Kristus bahkan dapat memiliki kehidupan sesuai dengan teladan Yesus Kristus.

 

2. Menjadi Saksi Tentang Yesus

Tidak menghakimi atau tidak menjadi yang paling benar, tetapi dapat menjadi penyelamat bagi orang yang belum percaya atau orang yang jatuh ke dalam dosa. Hal ini sangat penting bagi setiap orang percaya karena melalui dirinyalah setiap orang yang belum percaya dapat mengenal Yesus Kristus.

 

Baca Juga: MASIH TAKUT BERSAKSI? ORANG KRISTEN HARUS BELAJAR DARI ANAK INI!

 

3. Mempererat hubungan dengan Tuhan

Mendidik anak untuk berani menjadi yang pertama dalam membentuk dan membangun sebuah kelompok bagi anak lainnya yang belum percaya untuk terus belajar dan menerima dirinya agar dapat bertumbuh di dalam Tuhan.

 

4. Memiliki perilaku baik dan sopan

Dengan memupuk keberanian beraksi di dalam diri anak sejak kecil memiliki dampak yang baik dalam berperilaku dan bersikap terhadap orang sekitar. Hal ini akan menjadi hal kecil yang dapat dilakukan sang anak dalam bersaksi tentang Tuhan Yesus, karena didalam Alkitab telah tertulis

“Janganlah kamu serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” – Roma 12 : 2

 

5. Menyenangkan hati Tuhan Yesus

Kita dapat belajar dalam Ulangan 6 : 6 -7 dimana Tuhan Yesus selalu mengingatkan kepada setiap orang tua agar selalu mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang perbuatan Allah yang ajaib agar anak-anak mereka mengenal Allah lebih dekat, sehingga mereka dapat dengan baik bersaksi di hadapan orang banyak yang belum percaya kepada Yesus Kristus. Betapa senangnya Tuhan Yesus jika anak-anak-Nya mengabarkan injil dan bercerita tentang Tuhan Yesus serta kebenaran firman Tuhan.

 

Superparents bisa mengambil kesempatan di bulan Paskah ini untuk melatih anak menjadi pribadi yang berani bersaksi tentang kasih Tuhan melalui event Super Paskah dari Superbook Indonesia. Lewat event ini, anak akan ditantang untuk mengundang anak-anak lain untuk Nobar Superbook di rumah, melayani dan membagikan kasih Tuhan kepada mereka.

Apakah Superparents mau melihat anak punya keberanian seperti ini? Yuk daftarkan anak Anda segera melalui link di bawah ini.

 

DAFTAR SUPER PASKAH

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK