ARTICLE

Tue - Sep 06, 2022 / 464 / Sunday School

4 Cara Mendisiplinkan Anak di Sekolah Minggu Agar Kelas Jadi Kondusif

Pusing ya rasanya kalau di kelas anak-anaknya sulit banget diatur. Kelas jadi berisik dan tidak kondusif untuk belajar maupun berdoa. Lalu bagaimana caranya ya untuk menciptakan kelas yang disiplin agar proses belajar di sekolah minggu menjadi efektif dan efisien?

Menurut Marzano dalam bukunya “What Works In Schools”, kakak guru sekolah minggu bisa mempelajari 4 teknik pendisiplinan anak yang terbukti efektif lho. Apa saja itu? Yuk simak sampai habis.

  1. Reinforcement

Kakak bisa memberikan apresiasi secara verbal kepada anak-anak yang melakukan tindakan benar. Sehingga mereka merasa dihargai perbuatannya dan semangat melakukan hal yang benar.

 

  1. Punishment

Berikan hukuman (disesuaikan dengan umur anak) bagi anak yang melakukan perilaku tidak tepat. Namun sebelum memberikan hukuman, kakak terlebih dulu memberikan peringatan. Jika anak mengindahkan pada peringatan pertama atau kedua, berarti hukuman tidak perlu dilakukan. Tapi kalau sudah diperingati masih juga melakukan tindakan yang tidak benar, maka mau tidak mau anak tersebut harus didisiplinkan dengan cara dihukum. Hukuman ini sebaiknya sudah disepakati bersama murid di awal sekolah minggu.

 Baca juga : ANAK SEKOLAH MINGGU SERING MEMBANTAH? BEGINI CARA MENGATASINYA

  1. No immediate consequence

Teguran verbal yang bisa berupa ceramah, atau peringatan singkat.

 

  1. Reinforcement dan punishment

Gabungan dari apresiasi untuk perilaku yang benar dan hukuman bagi kelakuan anak yang tidak tepat.

Kalau ditanya, mana yang lebih ampuh? Biasanya dari keempat teknik ini yang lebih ampuh itu adalah kombinasi reinforcement dan punishment. Dan yang kedua adalah reinforcement, lalu punishment. Dan yang paling kecil pengaruhnya untuk bisa mengubah sikap anak adalah no immediate consequence.

Jadi apakah kakak sudah pernah melakukan salah satu cara dari keempat cara ini di sekolah minggu? Bagaimana hasilnya? Boleh ya di share di kolom komentar. Kalau belum pernah, yuk kita coba satu-satu cara tersebut agar proses belajar bisa berlangsung dengan baik.

Semangat melayani kak!

Contasia C

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK