ARTICLE

Tue - Aug 30, 2022 / 324 / Sunday School

Anak Sekolah Minggu Sering Membantah? Begini Cara Mengatasinya

Anak yang memiliki pendapat memang tidak bisa kita bendung. Tapi apa jadinya kalau di sekolah minggu, ada anak yang terus membantah dan tidak mau mendengarkan kita sebagai guru sekolah minggu? Memang kita harus mau tidak mau belajar bernegosiasi dengan anak ini. Yang jelas, kita harus tetap “keukeuh” sama nilai-nilai positif yang ingin kita sampaikan padanya ya.

Lalu apa yang harus kita lakukan kalau ada anak sekolah minggu yang mudah membantah?

Sadari dan akui emosi yang muncul dari dalam diri kita

Mungkin kita menjadi marah, sakit hati, kecewa karena anak tidak menghargai kita.

Jangan anggap secara personal

Ingat ya kak, kalau anak sebenarnya masih belajar untuk mengontrol dirinya sendiri. Thinking brain yang berfungsi meregulasi diri baru akan matang di usia 24 tahun, sehingga ya saat ini anak belum bisa berpikir beberapa kali sebelum mereka berbicara.

Baca juga : 3 TIPS JITU MENGAJARKAN ANAK-ANAK HIDUP DENGAN KASIH MENURUT ALKITAB

Dan bagaimana merespon anak yang membantah?

  1. Kakak lihat kamu lagi sebal ya? Ada masalah apa yang membuat kamu hari ini tidak bersemangat?
  2. Kalau berbicara tidak perlu berteriak-teriak ya. Apalagi memakai kata tidak sopan dan kasar. Tuhan Yesus tidak menyukainya lho, karena berarti kita tidak mengasihi orang lain.
  3. Kakak lihat kalian bertengkar. Ada apa? Ayo kita selesaikan bersama, tapi sebelumnya tenangkan diri dulu ya.

Saat kita menganggap anak tidak sopan dan tidak menghargai orang lain, bisa jadi saat anak membantah, kita malah marah atau membalasnya dengan mendebat mereka. Namun saat kita berusaha memahami anak kalau sedang dalam tahap belajar mengelola emosi dan perilakunya, maka kita bisa meresponnya dengan lebih tepat.

Baca juga : ORANG TUA LEBIH BERHATI-HATI SAAT IKUTI TREND REELS DAN TIK TOK AGAR TIDAK TERJADI HAL INI

Ayo selain kita mengajarkan firman Tuhan, kita latih anak-anak untuk mempraktikkan kasih Tuhan lewat tindakan-tindakan seperti ini. Ingatkan mereka bahwa firman Tuhan bukan hanya perlu kita ketahui dan pelajari saja, namun juga lakukan di segala aspek kehidupan anak. Marilah jadi teladan bagi mereka mulai dari sekolah minggu.

Contasia C

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK